PRO KARIMUN – PT Pelni (Persero) Cabang Tanjungbalai Karimun, yang mengope-rasikan KM Kelud tujuan Tanjungbalai Karimun ke Jakarta maupun Tanjungbalai Karimun ke Medan pulang pergi. Saat ini dalam tahap proses uji coba laut (sea trial), setelah naik dok pada bulan Oktober lalu.

”Kita prediksikan pekan depan sudah kembali melayani rute Tanjungbalai Karimun-Jakarta-Medan pulang pergi. Sedangkan, jadwal kepastian keberangkatan KM Kelud sendiri masih menunggu dari Pusat. Apakah, jadwal seper-ti semua untuk Jakarta hari Rabu dan ke Medan Sabtu,’’ jelas Kepala PELNI Cabang Tanjungbalai Karimun, Yusuf, Senin (4/11).

Saat ini KM Kelud yang sedang uji coba laut melayani di rute A yang nantinya akan kembali normal dirute B. Dimana, untuk rute A sendiri tujuan Tanjungpinang-Batam-Jakarta dan Medan pulang pergi. Sedangkan, di rute B sendiri Jakarta-Tanjungbalai Karimun-Medan pulang pergi.

”Perlu diketahui, KM Kelud kita persiapkan untuk arus mudik Natal dan Tahun baru nanti. Jadi, bagi penumpang yang ingin berangkat menggunakan kapal laut bisa menggunakan HM Umsini dan KM Bukit Raya,’’ terangnya.

KM Kelud

Seperti pada Oktober lalu, lanjut Yusuf untuk pengganti KM Kelud yang biasa melayani calon penumpang dari Tanjungbalai Karimun untuk tujuan Jakarta dan Medan juga tidak ada. Dengan demikian, untuk sementara waktu bagi masyarakat yang ingin pulang kampung dengan menggunakan kapal Pelni tidak dapat melayani.

Namun, apabila ingin menggunakan kapal laut bisa melalui Tanjungpinang menggunakan KM Umsini maupun KM Bukit Raya. Sedangkan, tujuan Medan bisa menggunakan kapal feri tujuan Dumai yang dilanjutkan dengan menggunakan bis jalur darat.

”Paling penting, kita tetap memberikan pelayanan bagi masyarakat yang ingin menggunakan kapal Pelni,’’ ucapnya.

Sementara itu Ketua DPC INSA Karimun Bustami Datuk Rajo Marah ketika dimintai tanggapannya, tentang KM Kelud naik dok apakah ada pengaruhnya terhadap penumpang yang menggunakan jasa pelayaran kapal feri tujuan Dumai maupun pekanbaru.

”Tidak ada masalah. Bagi masyarakat yang ingin pulang tujuan Medan, masih cukup kapal untuk mengangkut para calon penumpang sampai Dumai maupun Pekanbaru,’’ jawabnya.

Pantauan di pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun aktivitas para calon penumpang tujuan Dumai maupun Pekanbaru terlihat tidak terjadi lonjakan penumpang. (tri)

Loading...