PRO KARIMUN – PT PELNI (Persero) Cabang Tanjungbalai Karimun, yang mengoperasikan KM Kelud tujuan Tanjungbalai Karimun ke Jakarta maupun Tanjungbalai Karimun ke Me-dan pulang pergi. Dimana, jadwal biasa keberangkatannya untuk ke Jakarta pada Rabu dan tujuan Medan, Sabtu. Sudah beberapa pekan ini ditiadakan, atau tidak melayani rute tersebut hingga akhir bulan ini.

”Untuk sementara, kita tidak melayani rute biasa, dikarenakan KM Kelud naik dok hingga akhir bulan ini. Akan beroperasi pada awal bulan depan, seperti biasa melayani rute yang sudah ada,’’ jelas Kepala PELNI Cabang Tanjungbalai Karimun, Yusuf, Kamis (24/10).

Sedangkan untuk pengganti KM Kelud yang biasa melayani penumpang dari Tanjungbalai Karimun untuk tujuan Jakarta dan Medan juga tidak ada. Dengan demikian, untuk sementara waktu bagi masyarakat yang ingin pulang kampung dengan menggunakan kapal Pelni tidak dapat dilayani.

KM Kelud foto: batampos.co.id / TRI HARYONO

Namun, apabila ingin menggunakan kapal laut bisa melalui Tanjungpinang menggunakan KM Umsini maupun KM Bukit Raya. Sedangkan, tujuan Me-dan bisa menggunakan kapal feri tujuan Dumai yang dilanjutkan dengan menggunakan bis jalur darat.

”Mohon kesabarannya. KM Kelud memang sudah jadwalnya untuk naik dok setiap tahunnya. Ini untuk mengantisipasi persiapan menyambut hari besar keagamaan,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC INSA Karimun, Bustami Datuk Rajo Marah ketika dimintai tanggapannya tentang KM Kelud naik dok apakah ada pengaruhnya terhadap penumpang yang menggunakan jasa pelayaran kapal feri tujuan Dumai maupun Pekanbaru.

”Tidak ada masalah. Bagi masyarakat yang ingin pulang tujuan Medan, masih cukup kapal untuk mengangkut para calon penumpang sampai Dumai maupun Pekanbaru,’’ jawabnya.
Sedangkan, pantauan di pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun aktivitas para calon penumpang tujuan Dumai maupun Pekanbaru tidak terlihat terjadi lonjakan penumpang. (tri)