ilustrasi

PRO KARIMUN – Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun menunda 183 permohonan pembuatan paspor. Ini dilakukan untuk mencegah Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan bekerja tanpa permit atau izin di luar negeri.

”Sejak Januari sampai dengan bulan lalu, petugas kita yang bertugas di bidang pelayanan pembuatan paspor telah menunda 183 permohonan pembuatan paspor. Baik permohonan dalam bentuk baru pertama kali membuat paspor permohonan pembuatan paspor atau yang mengajukan perpanja-ngan,’’ ujar Kepala Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun, Darmunansyah, Senin (14/10/2019).

Petugas Imigrasi, lanjutnya, mempunyai wewenang untuk menerima atau menunda penerbitan permohonan paspor.

’’Biasanya, sebelum penerbitan paspor baru dan perpanjangan petugas melakukan wawancara terlebih dulu. Sehingga, dari hasil wawancara dapat diketahui niat seorang pemohon yang mengajukan pembuatan paspor. Begitu juga dengan pemohon yang mengajukan perpanjangan paspor, bisa dilihat dari perjalanan paspornya. Sehingga, kalau dicurigai bekerja di luar negeri, seperti di Malaysia, maka akan ditunda penerbitan paspornya,’’ ungkapnya. (san)

Loading...