PRO KARIMUN – Pemerintah Kabupaten Karimun mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat mencapai Rp 8,8 miliar yang diperuntukkan untuk membangun infrastruktur Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kabupaten Karimun sebanyak 20 sekolah. Dari alokasi DAK tersebut, dapat dibagi dua yaitu untuk DAK Reguler Rp 8,1 miliar dan DAK Afirmasi untuk pembangunan rumah dinas guru beserta perabotnya Rp 696.017.000.

”Alhamdulillah, progres pembangunan untuk 20 sekolah tersebut sudah mencapai 80 persen sekarang. Dan, hasilnya cukup memuaskan. Bangunan tersebut yang mudah-mudahan di akhir tahun sudah selesai 100 persen. Pengerjaannya secara swakelola,’’ jelas Kasi Sarana SD, Kasta Rizalta mewakili Kepala Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim, Selasa (8/10).

Dikatakan, selain pembangunan infrastruktur juga ada pengadaan alat pendukung kesenian tradisional dan seni budaya seperti akordeon, biola, mawaris, gitar, orgen, alat membatik, alat sablon. Kemudian untuk peralatan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), matras, bola voly, catur, tongkat estapet dan P3K dan buku umum lainnya yang telah didistribusikan ke masing-masing sekolah.

”Untuk infrastruktur di Kabupaten Karimun khususnya tingkat SD, sudah tidak ada lagi yang tidak layak sebagai tempat proses mengajar dan belajar. Dan ditambah peralatan penunjang ekstrakulikuler di sekolah, setiap tahunnya Kabupaten Karimun mendapatkan,’’ ungkapnya.

Adapun, 16 Sekolah Dasar (SD) yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler yaitu untuk renovasi gedung ruang kelas SDN 006 Tebing, SDN 005 Meral Barat, SDN 006 Belat, SDN 006 Buru, SDN 007 Durai dan SDN 003 Ungar. Sedangkan, renovasi gedung ruang perpustakaan SDN 005 Meral Barat, kemudian renovasi jamban siswa SDN 016 Kundur dan SDN 002 Durai.

Selanjutnya, untuk pemba-ngunan 2 RKB bertingkat SDN 001 Meral beserta perabotnya, pembangunan RKB lantai 2 suntik (lanjutan) bertingkat SDN 002 Karimun beserta perabotnya. Pembangunan ruang pusat sumber pendidikan inklusif SDN 003 Tebing dan SDN 005 Buru. Pemba-ngunan jamban SDN 003 Moro, SDN 008 Karimun dan SDN 011 Moro. Dan untuk DAK Afirmasi ada empat SD yaitu pembangunan rumah dinas guru SDN 005 Moro, SDN 007 Belat, SDN 007 Durai dan SDN 008 Buru.

”Insya Allah, kita sudah usulkan untuk DAK pada tahun 2020 mencapai Rp 19 miliar lebih hampir Rp 20 miliar. Mudah-mudahan, diakomodir semuanya oleh pemerintah pusat,’’ ucapnya. (tri)

Loading...