Anggota DPRD Karimun terpilih periode 2019-2024

PRO KARIMUN – Setelah hampir satu bulan lamanya, kepemimpinan sementara di DPRD Kabupaten Karimun akan segera berakhir. Hal ini setelah adanya keputusan dari Gubernur Kepri untuk melantik tiga pimpinan definitif di legislatif.

“Surat keputusan dari Gubernur Kepri kita terima Kamis (26/9). Selanjutnya kita bawa dalam rapat dan diagendakan untuk dilaksanakan proses pelantikan pada Senin (30/9),” ujar Ketua Sementara DPRD Kabupaten Karimun, M Yusuf Sirat, Minggu (29/9).

Menurutnya, jika dihitung lebih kurang 30 hari kepemimpinan sementara dan hal ini sudah sesuai dengan target. “Yakni, dalam waktu satu bulan unsur pimpinan dewan yang definitif sudah ada,’’ paparnya.

Sesuai dengan aturan, katanya, yang akan mengambil sumpah dan melantik adalah Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tanjungbalai Karimun. Memang, informasi yang diterima pihaknya Ketua PN Tanjungbalai Karimun saat ini sedang pendidikan di luar kota.

Namun, mengetahui ada pelantikan yang harus dilasanakan, maka informasi dari pihak PN Tanjungbalai Karimun bahwa ketua akan menghadiri pelantikan.

“Sesuai dengan undangan yang diberikan, maka pada saat proses pengambilan sumpah dan pelantikan, selain dihadiri seluruh OPD dan instansi vertikal, juga akan dihadiri oleh Plt Gubernur Kepri,” ucap Yusuf.

“Dan, selain agenda pelantikan, juga akan ada rapat paripurna. Yakni, setelah pelantikan akan dilakukan sidang paripurna pengesahan tata tertib dan kode etik DPRD Kabupaten Karimun,’’ tambahnya.

Mengenai pembentukan alat kelenhkapan dewan lainnya, seperti komisi dan badan kehormatan dewan, Yusuf menyebutkan, untuk yang lainnya saat ini masih terjadi lobi-lobi antarfraksi yang ada di dewan.

“Untuk menentukan siapa ketua dari tiga komisi yang tersedia dan badan kehormatan, saat ini saya pantau masih adanya lobi-lobi. Kemungkinan pada bulan depan sudah bisa disahkan,” ungkapnya. (san)