Salah seorang warga melakukan perekaman KTP-el di Kantor Camat. foto.triharyono

PRO KARIMUN – Hingga kini, blangko KTP-el di Kabupaten Karimun, masih kosong. Sebagai gantinya, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disduk Capil) menerbitkan surat keterangan (suket) sementara.

“Blangko KTP-el terbatas untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan mendesak,” ungkap Kadisduk Capil Karimun, M Tahar, Minggu (15/9/2019).

Terbatasnya blangko KTP -el, kata Tahar, tidak dapat dielakkan. Sebab, penyediaan blangko KTP-el dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri.

Sementara daerah hanya mengusulkan berapa kebutuhan setiap bulannya. Untuk itu, blangko KTP-el yang terbatas hanya diperuntukan untuk perekaman data, atau print ready record. Atau bagi warga yang sama sekali belum memiliki KTP-el.

“Jadi bagi masyarakat harap bersabar. Pastikan, bagi yang sudah mencetak KTP-el segera dilakukan pengecekan di kecamatan, kelurahan maupun desa,” pesannya.

Terpisah Camat Karimun Arpan mengungkapkan, perekaman biodata KTP-el di Kecamatan Karimun sudah mencapai 35.138 orang. Dimana, dalam satu hari untuk perekaman bisa mencapai 10 orang.

“Kalau KTP-el yang sudah siap masih banyak di sini. Saya imbau kepada masyarakat agar segera mengambil KTP-el di kantor Kecamatan Karimun dengan membawa tanda terima pengambilan,” ungkapnya.

Pantauan di kantor Camat Karimun, Jumat (13/9) lalu aktivitas perekaman KTP-el tidak terlalu ramai seperti musim pemilu lalu. Sehingga, petugas tidak begitu sibuk melakukan entri data kepada masyarakat.

“Sepi sekarang, rata-rata pemula yang melakukan perekaman,” ucap salah seorang petugas perekaman KTP-el. (tri)