Kapolsek Kundur Kompol Endi Endarto saat membagikan masker pada seorang pengendara.

PRO KARIMUN – Jajaran Polsek Kundur, Kundur Barat, bersama petugas Puskesmas Kundur, Kundur Utara, membagikan ratusan masker kepada masyakarat, Minggu (15/9/2019). Pembagian masker yang dibantu petugas Satpol PP itu, bertujuan mengantisipasi timbulnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) yang disebabkan kabut asap.

Pembagian masker dipimpin Kapolsek Kundur Kompol Endi Endarto, Kapolsek Kundur Barat AKP Eddy Suryanto, dan Kepala Puskesmas Kundur Utara Reza serta dibantu anggota Satpol PP.

“Masker yang kita bagikan, tolong digunakan agar terhindar timbulnya penyakit ISPA. Mengingat kabut asap belakangan ini sudah mengganggu aktivitas warga,” kata Endi Endarto di sela-sela pemberian masker.

Pantau di lapangan, pembagian masker bagi pengendara dilakukan di perempatan Simpang Urung. Bersama pihak puskesmas, anggota Satpol PP Kundur, dan Bhabinkamtibmas, serentak membagikan masker

“Warga memang benar-benar sangat membutuhkan masker. Agar mereka terhindar dari serangan ISPA akibat kabut asap,” paparnya.

Sementara Kapolsek Kundur Barat AKP Eddi Suryanto menyebutkan, pembagian masker diberikan pada pengguna jalan serta penumpang kapal di pelabuhan Tanjung Berlian Kundur Utara. Kegiatan ini bertujuann guna melindungi hidung dan mulut, supaya terhindar dari ISPA.

“Kondisi udara selama tiga hari terakhir, kurang sehat. Ini disebabkan asap kebakaran hutan, dan lahan yang terjadi di Sumatera. (ims)