Sebanyak 30 anggota DPRD Karimun terpilih foto bersama Plt Gubernur Kepri Isdianto, Bupati Karimun Aunur Rafiq, dan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim di Gedung Balai Rong Sri DPRD Karimun, Kamis (29/8).
foto: batampos.co.id/ tri haryono

PRO KARIMUN – Setelah hampir dua pekan dilantik, akhirnya delapan fraksi di DPRD resmi terbentuk melalui sidang paripurna yang dipimpin ketua dan wakil ketua sementara kemarin. 8 fraksi tersebut berasal dari 9 partai politik yang memiliki wakilnya di DPRD Kabupaten Karimun.

”Satu partai politik yang bergabung dengan fraksi lain adalah Partai Nasdem. Hal ini disebabkan Partai Nasdem tidak cukup syarat untuk membentuk fraksi sendiri. Karena, hanya memiliki satu orang anggota dewan. Sehingga, memilih bergabung dengan Fraksi Golkar dengan nama menjadi Fraksi Golkar Plus,’’ ujar Sekwan Kabupaten Karimun, Zippridin kepada Batam Pos, Rabu (11/9)



Sedangkan, lanjutnya, untuk 7 fraksi murni atau tidak gabungan lainnya terdiri dari Fraksi PAN, Demokrat, PKB, Hanura, PKS, Gerindra dan Fraksi PDI Perjuangan. Selain sudah terbentuk, masing-masing fraksi juga sudah resmi ada ketuanya. Hal ini berdasarkan surat masuk dari masing-masing pimpinan partai yang dikirimkan ke Sekretariat DPRD Kabupaten Karimun.

Menyiggung tentang pimpinan DPRD Kabupaten Karimun definitif, sesuai dengan surat yang sudah diterimanya, secara resmi baru PKS yang menunjuk Sayafri Sandi sebagai wakil ketua dewan.

’’Seperti kita ketahui, Syafri Sandi saat ini menjabat sebagai wakil ketua sementara. Berdasarkan surat dari partainya telah menunjuk yang bersangkutan untuk menjadi wakil ketua dewan definitif,’’ jelasnya.

Sementara itu, kata Zippridin, untuk jabatan ketua dewan definitif surat resmi ke sekretariat dewan belum diterima. Namun, laporan yang diterima surat dari partai sudah keluar dan menunjuk M Yusuf Sirat sebagai ketua. Kemudian, satu lagi jabatan wakil ketua akan diisi dari PDI Perjuangan juga belum diterima. Berdasarkan usulan yang diketahui untuk menjabat wakil ketua dari PDI Perjuangan salah satunya Rasno. (san)

Loading...