PRO KARIMUN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Karimun terus melakukan peningkatan dalam jumlah pembuatan akta kelahiran.

’’Alhamdulillah, untuk pembuatan dan pencatatan akta kelahiran di Kabupaten Karimun sudah mencapai 93,7 persen. Persentase yang kita catat saat ini adalah untuk anak yang baru lahir atau usia 0 sampai 17 tahun,’’ ujar Kepala Disduk Capil Kabupaten Karimun M Tahar , Selasa (10/9/2019).



Tingginya persentase yang sudah dicapai ini karena dalam melayani tidak hanya menunggu masyarakat datang ke kantor, pegawai Disduk Capil juga turun ke lapangan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Program ini, lanjut Tahar, bukan baru kali ini dilakukan, namun sudah berjalan sejak tahun lalu.

”Apalagi, untuk pembuatan akta kelahiran selain gratis juga tidak perlu putusan pengadilan untuk anak yang sudah remaja atau dewasa,” katanya.

Asalkan semua persyaratannya lengkap maka bisa diproses permohonan pembuatan akta kelahiran tersebut. “Mi-salnya, jika bayi baru lahir dilengkapi dengan surat kenal lahir dari puskesmas, dokter atau bidan,” katanya.

Bahkan Disduk Capil menjalankan program ke sekolah-sekolah jika ada sekolah yang meminta karena ada beberapa anak didiknya yang belum punya akta kelahiran. “Kita siap turun. Ini bentuk pelayanan purna yang kita berikan,” ujarnya.

Dengan harapan pelayanan tersebut lebih mempermudah masyarakat dalam mendapatkan legalitas. “Apalagi, akta kelahiran sangat diperlukan untuk kepentingan sekolah,’’ jelasnya. (san)

Loading...