Kapolsek KKP Karimun AKP M Komarudin turun langsung memeriksa penumpang dan barang bawaannya dari KM Kelud di Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun, Rabu (4/9).Foto dok polsek kkp untuk batampos

PRO KARIMUN  – Polsek Kepolisian Keamanan Kawasan Pelabuhan (KKP) Karimun memeriksa barang bawaan penumpang yang turun di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun menggunakan KM Kelud dari Belawan tujuan Batam dan Jakarta, Rabu (4/9/2019). Pemeriksaan tersebut untuk mengantisipasi masuknya barang haram narkoba. Selain anggota Polsek KKP juga dilibatkan pihak Bea dan Cukai (BC), dalam proses pemeriksaan barang penumpang tersebut.

Jika biasanya penumpang yang turun dari kapal langsung diarahkan menuju pintu keluar. Tapi, dalam rangka melaksanakan operasi cipta kondisi sehingga, sebelum menuju ke pintu keluar, penumpang yang baru turun dari KM Kelud diarahkan masuk ke ruang tunggu penumpang tujuan internasional.



“Karena, di pelabuhan internasional dilengkapi dengan mesin X-ray,’’ ujar Kapolsek Kawasan Pelabuhan, AKP Komaruddin kepada Batam Pos, Kamis (5/9/2019).

Pemeriksaan terhadap para penumpang, katanya, tidak hanya sebatas pada barang bawaan saja. Tapi, juga pemeriksaan terhadap badan penumpang.

’’Pemeriksaan terhadap barang bawaan tidak hanya menggunakan mesin X-ray. Tapi, juga dilakukan secara manual. Hanya saja, pemeriksaan secara manual oleh anggota kita di lapangan jika yang dicurigai saja,” ujarnya.

Kapolsek mengatakan, dalam operasi yang dilakukan berjalan dengan lancar. Penumpang yang diperiksa badan dan barang bawaannya juga kooperatif.

”Alhamdulillah, para penumpang tidak membawa barang-barang haram. Anda, tahu sendiri Kepri rawan akan narkoba termasuk Karimun. Jadi, kita antisipasi semua,’’ jelasnya.

Pemeriksaan barang-barang penumpang yang turun dari KM Kelud tersebut, juga bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Sekaligus memberikan imbauan kepada masyarakat dalam hal ini, penumpang yang turun dari KM Kelud agar jangan membawa barang-barang yang berbahaya dan mengancam keselamatan penumpang.

”Inilah salah satu bentuk, kita dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna Pelabuhan Internasional dan Domestik di Tanjungbalai Karimun,’’ ujarnya.

Masih kata Komarudin hingga, sekarang kondisi pelabuhan masih aman dan terkendali berkat kerja sama semua pihak. Sehingga, aktivitas masyarakat baik itu penumpang yang akan berangkat maupun tiba merasa nyaman. Dengan demikian, akan berdampak positif bagi kunjungan wisatawan luar negeri.

” Intinya, bagaimana daerah kita aman. Tidak pihak kepolisian saja, tapi semua pihak harus sama-sama menjaga keamanan,’’ ungkapnya.

Sementara itu pantauan di lapangan, aktivitas di pelabuhan tersebut normal. Para calon penumpang yang berangkat maupun tiba, secara tertib mengikuti arah petunjuk baik itu menuju ke kapal maupun arah keluar pelabuhan.

”Biasa saja. Sepi sekarang, paling penting amanlah pelabuhan kita ini,’’ ucap Edi salah seorang pengurus pelayaran. (san/tri)

Loading...