Aban, warga Moro, duduk di teras rumahnya yang selesai direhab melalui program BSPS pada 2018 lalu.

PRO KARIMUN – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Kebersihan Karimun, secara resmi menerima 622 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) berdasarkan surat Kemente-rian PUPR RU 1002-Dr/899 tanggal 7 Agustus 2019. Dari usulan 2040 unit untuk 12 kecamatan, pemerintah pusat hanya mengalokasikan 1100 unit untuk mendapatkan program BSPS tahun ini.

’’Alhamdulillah, kita mendapatkan kuota 622 unit. September ini sudah dapat dikerjakan,’’ jelas Kepala Bidang Perumahan Kawasan Permukiman Dinas Perumahan, Kawasan Permukinan dan Kebersihan Karimun Rita Agustina mewakili kepala dinas, Minggu (1/9).

Adapun penerima BSPS berada di tujuh kecamatan. Pertama, Kecamatan Meral tepatnya Kelurahan Sungai Raya 20 unit. Selanjutnya Kecamatan Buru, Kelurahan Buru 74 unit, Kecamatan Moro yaitu Kelurahan Moro 30 unit, dan Desa Pauh 30 unit. Untuk Kecamatan Durai di Desa Tanjungkilang 80 unit, Desa Telaga Tujuh 30 unit, dan Desa Sanglar 70 unit.

Kecamatan Kundur Utara di Desa Prayun 20 unit, Kelurahan Tanjungberlian Kota 21 unit.
Kecamatan Ungar di Desa Sungai Buluh 30 unit, Desa Batu Limau 30 unit, Desa Ngal 135 unit, dan Kelurahan Alai 52 unit dengan total keseluruhannya 622 unit. Dimana, para penerima bantuan tidak mendapatkan uang tunai melainkan dalam bentuk bahan material sebesar Rp 12,5 juta dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang sesuai dengan RAB yang diusulkan dengan dibantu oleh tenaga fasilitator.

’’Kalau dilihat paling banyak mendapatkan bantuan BSPS yaitu Desa Ngal 135 unit. Pa-ling penting, kita memberikan informasi kepada penerima bahwa program ini tidak dalam bentuk uang tunai,’’ terangnya.

Tahun 2018 lalu Kabupaten Karimun mendapatkan 649 unit untuk delapan kecamatan. Salah satunya, warga Moro, Aban, yang menyesuaikan kondisi rumahnya, serta struktur wilayah yang akhirnya dibangun dengan rumah panggung.

’’Sudah bagus sekarang rumah saya. Tidak bocor sampai saat ini, sangat bermanfaat program BSPS dari pemerintah pusat,’’ ujarnya.(tri)