Bupati Karimun memberikan ucapan selamat kepada para jemaah haji Karimun yang baru tiba di Masjid Agung Karimun, Selasa (3/9/2019).
foto: batampos.co.id / Tri Haryono

PRO KARIMUN – Sebanyak 160 jemaah haji Kabupaten Karimun yang tergabung dalam kloter 17, tiba di kampung halamannya dengan dibagi dua kelompok, Selasa (3/9) pagi.

Kelompok pertama jemaah haji Kecamatan Karimun, Tebing, Meral, dan Meral Barat dengan menggunakan kapal feri MV Dumai Line langsung ke Pulau Karimun sebanyak 102 orang. Kemudian kelompok kedua untuk Kecamatan Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara, Ungar, Belat, Moro, dan Durai ada 59 jemaah haji de-ngan menggunakan kapal SB Kurnia 8 menuju kampung halamannya masing-masing.



“Alhamdullilah, selamat sampai di kampung halaman para jemaah haji yang ada di Pulau Karimun, Kundur, Moro, dan Durai. Semoga menjadi haji dan hajah mabrur,’’ kata Bupati Karimun Aunur Rafiq, di Masjid Agung Karimun.

Dalam kesempatan tersebut, jemaah haji Kabupaten Karimun sebelumnya ada 163 orang yang tergabung dalam kloter 17. Namun, dalam perjalanan pelaksanaan haji di Makkah, ada dua jemaah haji Karimun yang meninggal dunia atas nama Poniman bin Mat Rahim Afdullah, 61, wafat sebelum pelaksanaan wukuf di karena sakit dan Raja Salmah binti Raja Mahmud Usman, 74, juga wafat setelah mengikuti rangkaian haji dikarenakan sakit.

“Satu lagi, Hj Habibah binti Mohamad Gaos, 82, di-tanazulkan atau dipulangkan terdahulu melalui kloter 7 beberapa waktu lalu. Semoga, saudara kita diterima amal ibadahnya di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan agar tabah dalam menghadapi kenyataan,’’ pesannya.

Sementara itu, salah seorang jemaah haji asal Kecamatan Meral yang Ketua Rombongan (Karom) Rizal Aidi mengucapkan, terima kasih kepada Batam Pos yang selalu memberikan informasi tentang kondisi jemaah haji Kabupaten Karimun selama berada di Makkah. Sehingga, bisa mendapatkan informasi akurat kepada keluarga jemaah di kampung.

“Terima kasih atas kerja samanya. Selama di Makkah maupun Madinah, para jemaah sangat senang telah dipublikasikan aktivitas di sana. Terutama, saat terjadi hujan lebat yang mengguyur tenda-tenda para jemaah,’’ ucapnya.

Saat penyambutan, Bupati Karimun Aunur Rafiq; Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim; Ketua DPRD Karimun M Yusuf Sirat; Sekda Karimun M Firmansyah; dan para FKPD secara bergiliran memberikan ucapan selamat kepada para jemaah haji.

Tangis keluarga menyambut rombongan haji tiba dengan selamat di Masjid Agung Karimun.

“Masya Allah, saudara-saudara kita baru tiba dari Tanah Suci Makkah. Semua, dalam kondisi sehat walafiat,’’ kata Yudi, warga Meral.

Tangis haru juga mewarnai kedatangan jemaah haji asal Kecamatan Kundur di Tanjungbatu, Selasa (3/9).

Sejak pukul 08.00 WIB, pihak kecamatan, keluarga, dan masyarakat, sudah menunggu kedatangan kapal yang meng-angkut 35 jemaah haji dari Batam. Rombongan jemaah haji tiba di Pelabuhan Tanjungbatu sekitar pukul 10.05 WIB. Begitu menginjakkan kaki di ponton pelabuhan, alunan kompang, dan ratusan masyarakat langsung mengarak jemaah haji menuju Masjid Besar Nurussalam.

Rombongan jemaah haji menaiki bus SPN Polda Kepri menuju Masjid Nurussalam disambut Camat Kundur bersama Uspika lainnya, keluarga serta jemaah masjid.

Camat Kundur Ery Novaljadinata menyampaikan syukur karena semua jemaah haji sudah menjalankan ibadah haji yang cukup melelahkan.

“Selamat datang di Tanjungbatu Kundur dengan selamat dan mendapat haji mabrur. Semoga memberikan berkah bagi masyarakat kecamatan Kundur,” terangnya.

Dikatakan seluruh Jamaah Haji Kundur dalam kondisi sehat dari keberangkatan hingga kembali ke tanah air Tanjungbatu Kundur.

Pantauan Batam Pos peyambutan kedatangan jamaah haji juga dilaksanakan di Kecamatan Kundur Barat sebanyak 7 orang, Kecamatan Kundur Utara sebanyak enam orang, Kecamata Moro tiga orang, Kecamatan Belat tiga orang, Kecamatan Ungar Dua orang dan Kecamatan Durai sebanyak lima orang. (tri/ims)

Loading...