Sebanyak 30 anggota DPRD Karimun terpilih foto bersama Plt Gubernur Kepri Isdianto, Bupati Karimun Aunur Rafiq, dan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim di Gedung Balai Rong Sri DPRD Karimun, Kamis (29/8).
foto: batampos.co.id/ tri haryono

PRO KARIMUN – Sebanyak 30 orang wakil rakyat terpilih masa bhakti 2019 – 2024, yang mewakili 238 ribu warga Karimun, diambil sumpah dan janji sebagai anggota DPRD Karimun di Gedung Balai Rong Sri, DPRD Karimun, Kamis (29/8). Pengambilan sumpah dan janji tersebut oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjungbalai Karimun Joko Dwi Atmoko yang dihadiri langsung Plt Gubernur Kepri Isdianto, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim dan tamu undangan.

Ketua DPRD Karimun Sementara M Yusuf Sirat akan bertugas untuk memimpin rapat-rapat DPRD, memfasilitasi membentuk fraksi dan memfasilitasi rancangan tata tertib DPRD. Melalui rapat paripurna, katanya, kepada anggota DPRD Karimun agar segera bekerja menjalankan tugas dan fungsinya.

’’Saya secara pribadi maupun atas nama lembaga mengucapkan terima kasih, kepada masyarakat yang telah menggunakan hak suaranya untuk memilih wakil rakyat,’’ ucapnya.
Anggota DPRD Karimun terpilih dari Fraksi Golkar dengan suara terbanyak, Akham_ 3.000 lebih_ akan mengemban amanah yang diberikan oleh rakyat.

’’Mohon dukungan dari rekan-rekan media, silakan memberikan saran dan kritik selama saya bekerja nanti,’’ uajarnya singkat.

Dalam kesempatan ini, Ketua sidang paripurna Bakti Lubis menyampaikan bahwa selama masa bhakti anggota DPRD Karimun 2014 sampai 2019 telah menghasilkan 46 Peraturan Daerah (Perda) yang telah disahkan. Namun, masih ada perda yang tersisa yang belum disahkan untuk dilanjutkan kepada anggota dewan yang baru.

Sementara itu, Plt Gubernur Kepri Isdianto menuturkan, atas nama Pemerintah Provinsi Kepri mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Karimun yang telah menggunakan hak pilihnya. Sehingga, bisa menghasilkan wakil rakyat sebanyak 30 orang. Isdianto juga mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara pemilu serentak KPU dan Bawaslu Karimun serta pihak TNI/Polri.

”Mari kita bangun kabupaten/kota di Kepri ini secara bersama-sama. Mengingat wilayah kita ini berbatasan langsung dengan negara te-tangga dan daerah kemaritiman yang bisa bersinergi untuk membangun sektor pariwisata, industri, dan kemaritiman. Yang bisa mening-katkan PAD masing-masing daerah nantinya,’’ pesannya.

Sedangkan Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah janji wakil rakyat ini sebagai satu rangkaian kegi-atan pemilu serentak bebe-rapa waktu lalu. Sehingga, anggota DPRD Karimun bisa menjalankan fungsi dan tugasnya dalam bermitra dengan pemerintah daerah.

’’Selamat kepada anggota DPRD Karimun yang telah dilantik. Saya berharap bisa mendukung pemerintah daerah, dalam program pemba-ngunan lima tahun kedepan,’’ ungkapnya. (tri)