SUASANA pelaksanaan geladi pelantikan anggota DPRD Kabupaten Karimun yang baru, periode 2019-2024, Selasa (27/8).
foto: batampos.co.id / Sandi Pramosinto

PRO KARIMUN – Jadwal pelantikan anggota DPRD Kabupaten Karimun yang baru, periode 2019-2024 akan dilaksanakan Kamis (29/8). Hal ini ditandai dengan ada-nya surat persetujuan dari Gubernur Kepri untuk pelaksanaan prosesi pelantikan. Untuk pimpinan sementara DPRD, akan dijabat perwakilan dari Partai Golkar dan PKS.

”Tidak ada perubahan. Pelantikan tetap dilaksanakan pada Kamis ini dan surat tentang persetujuan pelantikan akan dibawa oleh staf ASN dari Priovinsi Kepri besok (Rabu, red). Untuk proses internal, yakni untuk menjadi pimpinan sementara. Yakni, ketua dan wakil ketua sementara kita sudah mengirimkan surat ke partai politik yang menjadi pemenang suara terbanyak pertama dan ke-dua,’’ ujar Sekretaris DPRD Kabupaten Karimun Zippridin kepada Batam Pos, Selasa (27/8/2019).

Sesuai dengan data yang diterima Sekretariat DPRD Kabupaten Karimun, lanjutnya, partai politik yang menjadi pemenang pertama adalah Partai Golkar dan kedua, PKS. Perwakilan dari Partai Golkar akan menjadi ketua sementara dan dari PKS akan menjadi wakil ketua sementara. Untuk surat yang dikirimkan ke Partai Golkar sudah ada jawabannya.

Dan, yang ditunjuk untuk menjadi ketua sementara M Yusuf Sirat. Sedangkan,dari PKS belum memberikan jawaban untuk menunjuk siapa yang akan menjadi wakil sementara.

”Ketua dan wakil ketua sementara memang harus ada. Sebeb, setelah dilakukan pro-sesi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota dewan yang baru, maka pimpinan sementara yang akan bertugas memimpin sidang sampai dengan adanya pimpinan definitif. Selain itu, pimpinan sementara ini mempunyai tugas untuk membentuk fraksi-fraksi yang ada di dewan nantinya,’’ paparnya.

Untuk pembentukan komisi-komisi, kata Zippridin, tidak dilakukan pada hari pelantikan. Selain itu, belum dapat dipastikan apakah akan dibentuk oleh pimpinan sementara atau definitif. Karena, hal ini terkait dengan tata tertib dewan yang harus disusun terlebih dulu. Yang jelas, untuk geladi sudah dilakukan sore ini (kemarin). Hal ini perlu dilakukan agar proses pelantikan berjalan lancar. (san)

Loading...