Seorang warga mengikuti ujian SIM di Satlantas Polres Karimun, Senin (19/8).

PRO KARIMUN – Satlantas Polres Karimun memberikan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru secara gratis bagi warga yang lahir pada 17 Agustus. Pemberian SIM gratis ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan RI.

Satlantas Polres Karimun bekerja sama dengan BRI, dengan syarat warga tersebut mempunyai e-KTP, surat keterangan dokter sehat jasmani, dan rohani serta lulus ujian teori dan ujian praktik.

”Ada empat orang yang telah lulus ujian teori dan praktik. Untuk pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM baru ditanggung sepenuhnya oleh Bank BRI Cabang Karimun,’’ jelas Kasatlantas Polres Karimun AKP Teuku Fazrial Kenedy, Senin (19/8).

Pembuatan SIM baru gratis ini yang dilakukan sejak Jumat (16/8) sebagai bentuk pelayanan publik kepada masya-rakat. Sebab, setiap momen tertentu pihaknya selalu memberikan program terbaik kepada masyarakat. Sehingga, bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat terhadap pelayanan pembuatan SIM.

”Paling penting, kita harapkan kepada seluruh pengguna kendaraan agar tetap mengikuti aturan berkendaraan di jalan raya. Seperti, menggunakan helm standar, maupun membawa perleng-kapan surat-surat kendaraan,’’ ujarnya.

Sementara salah seorang ibu rumah tangga yang hari kelahirannya 17 Agustus merasa terbantu adanya pembuatan SIM baru secara gratis.

’’Alhamdulillah, terima kasih atas SIM gratisnya. Sekarang kalau ada razia tidak perlu khawatir lagi,’’ ucapnya. (tri)