Ratusan pemotor antre untuk mengisi premium di kios BBM di Kundur Utara, Tanjungbatu, Rabu (14/8).
foto: batampos.co.id / Imam Soekarno

PRO KARIMUN – Buntut penangkapan kapal tongkang PT Kundur Mas dengan muatan 145 ton premium dan 45 ton minyak solar untuk kebutuhan Tanjungbatu oleh TNI AL beberapa waktu lalu menyebabkan ketersediaan BBM sangat terbatas. Bahkan ratusan pemotor mengantre di setiap kios Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mendapatkan BBM.

Seperti terjadi Rabu (14/8) kemarin di kios PUPM pom mini Azzikra di Jalan Ahmad Yani, Tanjungbatu. Sejak pagi ratusan pemotor sudah mengantre untuk membeli BBM jenis premium. Selain kesulitan mendapatkan BBM, pihak penjual juga membatasi pembelian hanya Rp 20 ribu per motor.

Untuk mencegah terjadinya keributan dan desak-desakan, Kapolsek Kundur Kompol Endi Endarto bersama anggota turun mengamankan di lokasi.

Thalib, pemilik kios pom mini Azzikra kepada Batam Pos mengakui bahwa jatah premium yang didapatkan dari APMS Kundur Utara. Dikatakannya, sehari sebelumnya mendapatkan tujuh drum premium, dan kemarin mendapatkan 15 drum untuk wilayah Tanjungbatu.

“Alhamdulillah, kios kita mendapatkan pasokan premium dari APMS Kundur Utara sehingga dapat membantu mengatasi kelangkaan di saat stok premium dari APMS PT Kundur Mas langka. Bersyukur kami dapat melayani masyarakat meskipun harus mengantre,” ujar Thalib.

Meski mendapat jatah, antrean warga cukup ramai sehingga dalam waktu sebentar premium sudah habis.

”Kami mengharapkan warga tertib untuk mengantre tidak berebut apalagi sampai berdesakan saling mendahului,” katanya.

Terpisah, pihak APMS PT Kundur Mas Aun saat dikonfirmasi mengatakan, diperkirakan premium tiba Rabu sore. Diupayakan begitu premium sampai langsung didistribusikan ke semua kios pengecer.

Keterlambatan disebabkan adanya permasalahan kapal tongkang yang diamankan beberapa hari lalu.

Kapolsek Kundur Kompol Endi Endarto di sela-sela pengamanan ratusan kendaraan mengantre premium menyebutkan kebutuhan premium di Tanjungbatu segera teratasi. Hal itu setelah pihak APMS PT Kundur Mas berkoordinasi jika kapal tongkang muatan premium segera tiba di Tanjungbatu dalam waktu dekat. (ims)