Suasana pemungutan suara di salah satu TPS di Kabupaten Karimun beberapa waktu lalu. Melalui bilik suara menentukan wakil rakyat lima tahun mendatang.
Foto: batampos.co.id / Tri Haryono

PRO KARIMUN – KPU Kabupaten Karimun telah selesai melakukan rapat pleno penetapan anggota DPRD Kabupaten Karimun terpilih periode 2019-2024. Pada akhir pekan lalu hasil pleno juga sudah diserahkan kepada Bupati Karimun untuk dapat diproses agar mendapatkan persetujuan pelantikan.

”Surat memang sudah diterima. Saat ini kita sedang menyiapkan surat dari Bupati Karimun untuk dikirimkan ke Pemerintah Porvinsi Kepri. Kita perkirakan paling lambat Rabu (14/8) surat sudah bisa sampai di provinsi. Karena, sesuai dengan masa tugas DPRD Kabupaten Karimun periode 2014-2019 akan berakhir pada bulan ini,’’ ujar Kabag Pemerintahan Kabupaten Karimun Yunus kepada Batam Pos, Senin (12/8).

Meski surat belum dikirimkan, katanya, pada pekan lalu pihaknya sudah mengikuti rapat koordinasi dengan Biro Pemerintah Provinsi Kepri. Ketika itu, memang KPU belum menetapkan anggota dewan terpilih periode 2019-2024. Namun, pihaknya sudah menyampaikan jika dalam waktu dekat KPU Kabupaten Karimun melaporkan hasil pleno ke pemerintah kabupaten, maka pihaknya juga akan segera mengirimkan surat ke provinsi.

”’Bahkan, kita minta kepada pihak provinsi setelah surat kita diterima, paling lama tujuh hari surat dari kita bisa selesai diproses. Dan, surat dari provinsi nanti tidak lagi ke kita (Bagian Pemerintahan, red). Melainkan, akan ditujukan ke Sekretariat Dewan. Karena, proses pelantikan yang akan melaksanakan di dewan. Kita hanya mengirimkan surat saja,’’ ungkapnya.

Yang jelas, lanjutnya, berdasarkan koordinasi pihaknya dengan pemerintah provinsi, anggota dewan yang baru akan dilantik pada Kamis (29/8). Tidak mungkin untuk ditunda, karena akan terjadi kekosongan. Dan, yang akan mengambil sumpah nanti Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tanjungbalai Karimun yang akan disaksikan oleh Gubernur Kepri. (san)