PRO KARIMUN – Usai melaksanakan wukuf di Padang Arafah sebagai puncak pelaksanaan ibadah haji, Sabtu (11/8) para jemaah haji Karimun akan tinggal di tenda Mina hingga hari ke-13 Dzulhijjah.

”Setelah itu seluruh jemaah akan kembali ke hotel di Makkah dan melaksanakan tawaf Ifadah sebagai akhir dari rangkaian ibadah haji,” kata salah satu Ketua Rombongan (Karom) jemaah haji Karimun Rizal Aidi, Minggu (11/8).

Ia mengatakan pelaksanaan wukuf para Jemaah Haji Karimun bersama jemaah haji di seluruh dunia berlangsung dengan khusyuk. Walaupun, cuaca cukup terik dengan suhu mencapai 39 derajat celcius tidak melunturkan iman umat muslim untuk menunaikan rukun kelima.

”Alhamdulillah, jemaah haji Karimun sudah melaksanakan wukuf. Dan dilanjutkan dengan proses melempar jumrah aqabah dimulai pukul 01.00 WAS, sesuai saran maktab,’’ jelas salah satu Ketua Rombongan (Karom) jemaah haji Karimun Rizal Aidi, Minggu (11/8).

Kenapa dini hari, lanjutnya dikarenakan untuk menghindari cuaca yang cukup panas apabila dilaksanakan pada siang hari. Bagi jemaah haji yang uzur pelaksanaan melempar jumrahnya dibadalkan oleh keluarga maupun orang lain. Setelah proses melempar jumrah hari pertama, seluruh jemaah haji Karimun kembali ke tenda Mina.

”Saat istirahat, kita manfaatkan untuk memangkas rambut hingga botak secara bergantian bagi kaum laki-laki. Sedangkan, kaum perempuan memanfaatkan dengan berdoa maupun membaca Alquran,’’ terangnya.

Masih kata Rizal Aidi lagi, para jemaah haji yang tinggal di tenda Mina juga akan melempar jumrah’ula, wusta dan aqabah untuk mengambil nafar tsani.

’’Saya salut sama jemaah haji asal Kecamatan Moro, Mukhtar, 70 mampu berjalan kaki saat melaksanakan ibadah haji. Inilah, kuasa Allah SWT yang luar biasa dan beliau ditunjuk sebagai Karu, setelah karu,’’ ujarnya.

Sedangkan salah seorang jemaah asal Kecamatan Meral Hj Risma merasa lega setelah melaksanakan wukuf. Dan, lebih lagi para jemaah haji Kabupaten Karimun semuanya dalam kondisi sehat dan tetap terus terjalin kekompakan. Mulai turun dari pesawat, menuju penginapan hingga ditenda Mina sekarang ini.

”InsyaAllah, jemaah haji kita akan pulang ke tanah air dengan selamat. Mohon, doanya kepada masyarakat Karimun agar tetap diberikan kesehatan,’’ ucapnya. (tri)