Kepala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun Junaidi saat pemaparan penerapan e-ticketing, kepada pelaku operator kapal dan stakeholder terkait F,TRI HARYONO/BATAMPOS

batampos.co.id – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan sosialisasi penerapan e-ticketing berbasis android di pelabuhan Tanjungbalai Karimun, Kamis (8/8).
Acara yang digelar di Hotel Aston Karimun ini dihadiri para operator kapal feri luar negeri maupun dalam negeri dan stakeholder terkait. Kepala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun Junaidi dalam pemaparannya mengatakan, pemanfaatan atau penerapan e-ticketing berbasis android bagi calon penumpang dari Pelabuhan Tanjungbalai Karimun banyak fungsinya.

”Kegiatan ini, sebagai tindak-lanjut hasil rapat pada bulan lalu, dalam rangka penerapan e-ticketing berbasis android di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun. Sehingga, semua operator nantinya bisa promosi kepada calon penumpang dalam pembelian tiket secara online,’’ jelas Junaidi.

Dia mengatakan, manfaat dari e-ticketing sendiri sangat besar mulai dari calon penumpang semakin mudah mendapatkan tiket dengan kursi yang jelas. Selain itu bisa menentukan jadwal keberangkatan sesuai pemesanan bagi calon penumpang.

Kemudian, akurasi manifes penumpang untuk tertib administrasi, serta dapat meningkatkan pendapatan omzet bagi operator kapal itu sendiri. Akan tetapi, untuk pemesanan tiket manual bagi calon penumpang yang beli di loket tetap dilayani seperti biasanya.

”Kita sudah melakukan uji coba salah satu operator kapal feri MV Oceanna tujuan Batam. Alhamdulillah, respon dari calon penumpang juga positif. Nanti, sistem pembayarannya melalui e-banking dan sekarang sedang mengembangkan aplikasi penerapan e-ticketing,’’ terangnya.

Masih kata Junaidi, melalui kegiatan tersebutlah pihaknya ingin mendapatkan masukan lebih luas lagi dari semua pihak terhadap penerapan e-ticketing. Paling lambat akhir tahun ini sudah diterapkan di pelabuhan Tanjungbalai Karimun, termasuk tujuan luar negeri. Sesuai dengan program dari Kementerian Perhubungan, melalui Dirjen Perhubungan Laut untuk menerapkan e-ticketing bagi calon penumpang kapal ke berbagai daerah di wilayah KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun.

”Program ini, harus ada dukungan dari semua pihak. PT Pelindo I Cabang Tanjungbalai Karimun sebagai pengelola pelabuhan, agar ditata lagi lokasi terminal pelabuhan lebih baik dan nyaman bagi calon penumpang,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Karimun kapal feri Oceanna Eddy Surianto mengatakan, saat uji coba penerapan e-ticketing untuk calon penumpang secara umum merespons positif. Namun, hanya pemesanan tiket saja yang online, tapi pembayaran masih tetap secara manual. Dengan pembayaran di loket, saat calon penumpang akan berangkat yang menunjukkan identitas diri sesuai pemesanan.

”Di sini kita tidak bisa pesan tiket PP, hanya satu kali jalan. Tapi, tidak tahu kalau ke depannya tergantung kesepakatan owner dan sinkronisasi antara pelabuhan Tanjungbalai Karimun dan pelabuhan Batam nantinya,’’ ucapnya.

Perwakilan PT Pelindo I Cabang Tanjungbalai Karimun Afrizal siap melakukan penataan lebih baik lagi diterminal Tanjungbalai Karimun. Sebagai bentuk dukungan, untuk merealisasikan e-ticketing. ’’Kita siap mendukung, program dari pihak KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun,’’ ucapnya. (*)