Tarian Ratoe Jaroh dari Sanggar Tari SMAN I Matangkuli Aceh Utara memukau penonton dalam pagelaran Pelangi Budaya Nusantara di Coastal Area, Karimun, Sabtu (3/8/2019).
foto: batampos.co.id / Tri Haryono

batampos.co.id – Tarian Aceh yang berjudul Ratoe Jaroh menjadi tarian pertama yang disuguhkan dalam pagelaran Pelangi Budaya Nusantara di Coastal Area, Sabtu (3/8/2019).

Tarian yang dibawakan para siswi SMA Negeri 1 Marangkuli Aceh Utara benar-benar memukau para penonton yang hadir malam itu. Tak hanya tarian, ada juga musik perkusi tepikek mangkonyo terikek dari sanggar Muaro Raflesia Bengkulu yang mendapatkan tepuk tangan para penonton.

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengapresiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karimun. Dalam kesempatan tersebut Anwar Hasyim mengungkapkan, selain sebagai ajang tali silaturahmi antar sanggar tari juga dapat dimanfaatkan untuk melestarikan budaya dan seni Nusantara. Terutama bagi generasi muda, sehingga tidak punah dengan perkembangan teknologi tanpa batas sekarang ini.

“Melalui kegiatan inilah, dapat mengembangkan seni dan budaya kita, serta secara tidak langsung bisa mempromosikan Kabupaten Karimun ke saudara-saudara kita yang datang dari luar Karimun,’’ ujarnya.

Dengan demikian, Pelangi Budaya Nusantara harus tetap dilaksanakan setiap tahunnya. Diharapkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karimun dapat mengundang para sanggar tari dari luar lebih banyak lagi. Selain, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia ini.

“Konsep pelaksanaannya harus lebih meriah lagi ke depannya. Ini sudah sangat bagus, jangan sekadar melaksanakan kegiatan saja seperti yang sudah-sudah,’’ ungkapnya.

Menurut Ketua DPRD Karimun M Yusuf Sirat pagelaran Pelangi Budaya Nusantara bisa memberikan nilai positif buat Kabupaten Karimun. Selain itu, bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan prestasi di dunia seni tari dan kebudayaan.

“Sangat positif. Anda bisa lihat sendiri, antusias masyarakat untuk melihat pagelaran tersebut cukup tinggi dan ramai yang datang. Artinya, agenda Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karimun baru kali ini sukses, memberikan suguhan yang sangat menarik,’’ katanya.

Sedangkan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karimun H Zamri menyampaikan, para peserta tidak hanya datang dari sangar tari Nusantara, tapi juga dari mancanegara.

“Kali ini kita mengundang dua negeri Jiran untuk memeriahkan,’’ tuturnya.

Terpisah, Manager Pelangi Budaya Studio (PBS) Fenni Rahayu mengucapkan, terima kasih atas kehadirannya dari sanggar tari Nusantara maupun dari dua negeri Jiran.

“Alhamdulillah, ini berkat kerja sama semua pihak yang mendukung acara ini berjalan lancar dan sukses. InsyaAllah, tahun depan bisa digelar lagi lebih meriah dan lebih banyak lagi,’’ ucapnya. (tri)