PRO KARIMUN  – Kabar duka dari Tanah Suci Makkah, jemaah calon haji (JCH) Karimun telah meninggal dunia pukul 18.56 WAS di King Faishal Hospital Makkah, Kamis (1/8). JCH atas nama Poniman bin Mat Rahim Abdullah, 61, dengan nomor 3700012693 asal Kecamatan Karimun. Ia langsung dima­kamkan setelah disalatkan di Masjidilharam setelah salat Subuh.

’’Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, JCH Karimun yang tergabung dalam kloter 17 rombongan 5 regu 18 telah meninggal dunia di Mekkah. Saya turut berduka cita atas meninggalnya saudara kita yang sedang menunaikan ibadah haji di sana, serta bagi keluarga agar meng­ikhlaskan beliau yang sudah mendahului kita semuanya,’’ kata Kasi Penyelenggara Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemen­terian Agama Karimun Endang Sry Wahyu, Jumat (2/8).

Sedangkan, JCH Karimun lainnya saat ini secara umum masih sehat dan sedang melaksanakan ibadah di Masjidilharam. Namun, ada satu jemaah yang berasal dari Kecamatan Kundur harus diinfus dikarenakan sakit gula darah tinggi atau diabetes militus.

“Walaupun satu orang jemaah kita diinfus, insya Allah nanti bisa melaksanakan wukuf. Termasuk 10 jemaah yang tergabung di kloter 28 juga kondisinya sehat-sehat,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu Ketua Rombongan (Karom) JCH Karimun Rizal Aidi mengatakan, selama di Makkah almarhum sangat rajin melaksanakan salat secara berjemaah di Masjidilharam. Apalagi untuk salat Subuh, almarhum sudah sampai di Masjidilharam pukul 02.00 WAS dengan menggunakan bus.

“Ketika mendengar saudara kita telah tiada, salah satu JCH Karimun langsung menyampaikan kabar duka kepada bupati melalui video call,’’ kata Rizal Aidi.

Triyanti Selamat Atmo mencium suaminya, almarhum Poniman bin Mat Rahim Abdullah, JCH Karimun yang wafat di King Faishal Hospital Makkah, Kamis (1/8).

Sedangkan, kondisi jemaah saat ini secara umum tidak mengalami gangguan kesehatan yang serius. Artinya, walaupun ada yang diinfus namun masih bisa melaksanakan ibadah dan sudah mulai berangsur pulih.

Selain itu, ada 10 jemaah Karimun yang tergabung dalam kloter 28 yang menginap di Maktab 103 bersebelahan dengan maktab jemaah Karimun kloter 17 di Hotel Surro Man Ro’a maktab 102 juga dalam kondisi sehat.

“10 jemaah Karimun yang tergabung dalam kloter 28, sudah melaksanakan umrah wajib mengambil miqat di Yalamlam dalam pesawat, dan telah berihram sejak dari Embarkasi Batam,’’ tuturnya.

Dengan demikian, JCH Karimun yang meninggal dunia hingga sekarang dua orang. Pertama, atas nama Supir bin H Ibrahim, 53, asal Kecamatan Kundur pada Juni lalu, kemudian Poniman bin Mat Rahim Abdullah, 61, asal Kecamatan Karimun di King Faishal Hospital Makkah, Kamis (1/8). Saat ini total JCH asal Karimun mencapai 172 orang sudah berada di Makkah menjalan­kan rangkaian ibadah haji. (tri)

Loading...