Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim saat menerima penghargaan KLA 2019 dari Menteri PPPA Yohana Yambise. (humas)

prokarimun.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun kembali menerima penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat di tahun 2019. Kali ini, Kabupaten Karimun dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama.

Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak diterima Wakil Bupati Anwar Hasyim MSi yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, Selasa (23/7/2019) di Makasar, Sulawesi Selatan.

Selain Kabupaten Karimun, ada sekitar 247 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan serupa dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan lima kategori tingkatan. Di antaranya KLA Pratama, KLA Muda, KLA Nindya, KLA Madya, dan KLA Utama.

“Ini adalah merupakan penghargaan yang kedua kalinya yang diterima oleh Kabupaten Karimun,” ucap Anwar Hasyim.

Keberhasilan kabupaten berjuluk Bumi Berazam dalam meraih penghargaan KLA ini, tidak terlepas dari dukungan masyarakat dalam membantu pemerintah daerah menjalankan kebijakkan – kebijakan menuju Kabupaten Layak Anak.

“Tanpa dukungan dari masyarakat, dan stakeholder, mustahil Kementerian PPPA dapat menilai keberhasilan Pemerintah Karimun dalam penyelenggaraan layanan perlindungan terhadap perempuan dan anak,” tegas Anwar Hasyim.

Layak Anak Tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Kabupaten Karimun dinilai berhasil dengan baik dalam penyelenggaraan layanan perlindungan terhadap perempuan dan anak.

Menurut Menteri PPPA, Yohana Yambise, Pemerintah Kabupaten Karimun mampu meningkatkan pemenuhan hak dan perlindungan anak di wilayahnya. Salah satunya adalah hak atas identitas berupa akta kelahiran, pencegahan perkawinan anak, dan menggerakan peranserta dunia usaha, media dan masyarakat dalam perlindungan anak.

“Atas dasar kesadaran pemerintah daerah dalam meningkatkan pemenuhan hak, dan perlindungan anak ini, maka layak kita berikan penghargaan,” ujar Yohana Yambise. (enl)