PRO KARIMUN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Karimun sudah melakukan pembuatan dan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA). Hal ini sesuai dengan aturan yang tertuang di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA).

Dalam tiga bulan terakhir, Disduk Capil sudah memproses pembuatan KIA. Sampai kemarin, 300 lembar KIA sudah dicetak dan diserahkan kepada anak-anak yang masih sekolah.



“Karena pendataan awal terhadap 300 anak dilakukan di sekolah-sekolah,’’ ujar Kepala Disduk Capil Kabupaten Karimun M Tahar, Rabu (17/7/2019).

ILUSTRASI

Namun, proses pendataan dan perekaman KIA ke sekolah-sekolah sempat terhenti. Hal ini disebabkan sekolah sedang libur Hari Raya Idulfitri dan libur kenaikan kelas. Sebelum libur kenaikan kelas, lanjutnya, sekolah masih buka. Tetapi, ketika itu me-reka sedang melaksanakan ujian. Sehingga, diputuskan didata dan direkam kembali ketika tahun ajaran baru.

’’Saya sudah siapkan surat tugas untuk Bidang Kependudukan agar turun ke sekolah-sekolah mulai pekan depan. Sasaran sekolah yang sudah untuk saat ini di Pulau Karimun terlebih dulu dan kemudian baru dilanjutkan ke Pulau Kundur. Karena, kedua pulau ini cukup banyak sekolah. Selanjutnya, baru sekolah yang ada di pulau-pulau Kecamatan Moro, Durai dan Buru, Belat dan Ungar,’’ paparnya.

Dikatakan Tahar, selain pendataan dan perekaman ke sekolah sekolah, orangtua juga bisa datang langsung ke Kantor Disduk Capil. Namun, salah satu persyaratan yang harus dibawa adalah akta lahir anak.

Karena akta lahir merupakan idenitas sebagai warga negara Indonesia. Dalam proses pembuatan KIA ini tidak dipungut biaya alias gratis. (san)

Loading...