PRO KARIMUN – Sebanyak 173 jamaah calon haji (JCH) Karimun, saat ini sudah mempersiapkan diri untuk berangkat menuju Makkah, baik yang berada di Pulau Karimun maupun di luar Pulau Karimun.

JCH Karimun tergabung dalam kloter 17 BTH melalui Embarkasi Batam berangkat menuju Jeddah sekitar pukul 10.00 WIB menggunakan pesawat Saudi Air Line SV5621, Minggu (21/7).

’’Kita turut berduka cita atas meninggalnya salah satu JCH asal Kundur. Saat ini para JCH lainnya sedang mempersiapkan semuanya. Mudah-mudahan tidak ada lagi jemaah kita yang dirawat,’’ jelas Kasi Penyelenggara Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Karimun Endang Sry Wahyu, Selasa (16/7).

Sedangkan untuk jemaah yang meninggal dunia secara otomatis Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1440 H/2019 M akan dikembalikan kepada ahli warisnya secara utuh sebesar Rp 32 juta lebih. Pihaknya sedang menunggu surat permohonan dari ahli waris agar dapat diproses.

’’Insya Allah, jemaah kita siap menuju Tanah Suci. Mohon doanya, bagi masyarakat agar jamaah asal Kabupaten Karimun baik itu kloter 17 dan 20 dapat menunaikan ibadah haji de-ngan tenang,’’ ungkapnya.


Bupati Karimun Aunur Rafiq melepas JCH di lingkungan Pemkab Karimun, Senin (15/7) lalu.

JCH Karimun yang akan berangkat terdiri dari 105 orang wanita dan 68 orang laki-laki. Totalnya 173 orang yang tergabung dalam kloter 17. Sedangkan, kloter 28 hanya ada sembilan orang dengan rincian asal Kecamatan Karimun 41 orang, Kecamatan Meral 38 orang, Kecamatan Meral Barat dua orang, Kecamatan Tebing 24 orang, Kecamatan Kundur 33 orang dari sebelumnya 34 orang.

Kemudian, Kecamatan Kundur Utara enam orang, Kecamatan Kundur Barat tujuh orang, Kecamatan Belat tiga orang, Kecamatan Moro tiga orang, Kecamatan Durai lima orang dan Kecamatan Ungar dua orang.

Kemudian, untuk kloter 20 berasal dari Kecamatan Karimun lima orang, Kecamatan Tebing satu orang, dan Kecamatan Kundur tiga orang dengan total keseluruhan 173 orang.

’’Para JCH Karimun untuk kloter 17 BTH, Insya Allah selama di Mekkah akan me-nginap di Hotel No102 Surro Man Ro’a Maktab 2 Sektor 1 Syisyah 1 bersama Kloter 20 BTH dan Kloter 21 BTH. Jarak dari pemondokan ke Masjidilharam sekitar tiga atau empat kilometer,’’ tuturnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkab Karimun Irwan Dinovri mengatakan, pada hari Jumat (19/7) nanti pihaknya melakukan penyambutan JCH di luar Pulau Karimun dengan pemeriksaan koper pagi harinya. Kemudian, pemantapan ketua rombongan (karom) dan ketua regu (karu) dengan petugas dari Kamenag Karimun, Dinkes, Kantor Kesehatan Pelabuhan. Para JCH akan menginap tidak jauh dari pelabuhan agar proses keberangkatan tidak menggunakan kendaraan lagi.

’’Untuk pelepasan seperti biasa ada prosesi tepung tawar diiringi syarakal albarkat. Dilanjutkan, pelepasan langsung oleh Bupati Karimun, Wakil Bupati Karimun dan tamu undangan. Bersama keluarga yang bisa mengantar di halaman rumah dinas Bupati nantinya,’’ terangnya.

Sebelumnya, lanjut Irwan lagi, Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim melakukan pelepasan JCH di lingkungan Pemkab Karimun sebanyak 34 orang di gedung Nilan Sari. ’’Selamat menu-naikan rukun Islam kelima, tetap jaga kekompakan di sana,’’ pesan Rafiq. (tri)