Pedagang buku tulis, Ucok, ketika merapikan buku tulis di tokonya, Tanjungbalai Karimun, Minggu (14/7).
foto: batampos.co.id / Tri Haryono

batampos.co.id – Memasuki tahun ajaran baru, kebutuhan anak sekolah khususnya yang baru masuk sekolah mulai tingkat SD, SMP dan SMA/Sederajat dipastikan membutuhkan peralatan tulis dan buku. Namun, kali ini para penjual buku tulis tidak merasakan dampaknya.

’’Turun 70 persen penjualan kita. Karena, sekarang menggunakan kurikulum 2013 (K13) sehingga tidak diperjualbelikan,’’ ungkap Ucok Agency Pardede, salah satu pedagang buku di Tanjungbalai, Minggu (14/7).

Untuk harga buku tulis sendiri tidak ada kenaikan, seperti buku tulis tipis dibandrol Rp32 ribu per lusin dengan 12 buku. Kemudian, untuk buku tulis tebal Rp42 ribu per lusinnya, begitu juga perlengkapan sekolah pinsil Rp 2.000 per batang dan sebagainya. Dimana, pada tahun-tahun sebelumnya dirinya kebanjiran untuk pemesanan buku tulis dan peralatan pendukungnya.

’’Dulu biasanya beli satu set, terutama bagi anak-anak yang baru masuk sekolah. Namun, tetap ada yang beli peralatan sekolah, tas sekolah aja masih banyak ini. Dan biasanya, begitu masuk sekolah rata-rata mereka melakukan fotokopi buku tema,’’ tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Karimun, Bakri Hasyim, untuk ajaran baru tahun 2019-2020 ini ditingkat SD dan SMP/Sederajat sudah menggunakan buku K13 yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Sehingga, para pelajar tidak repot-repotlah untuk mencari buku tema.

’’Cukup lumayanlah buku K-13, tidak membebankan orangtua. Sebab, baik itu yang baru masuk sekolah maupun naik kelas para pelajar tidak direpotkan untuk membeli buku tema,’’ jelasnya.

Dengan demikian, pihak sekolah juga diuntungkan dengan adanya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membeli memesan buku K-13 setiap tahunnya. Kenapa demikian, karena buku K-13 bisa dipastikan rusak dikarenakan pemakaian oleh para pelajar dan tidak menjadi masalah hal tersebut.

’’Nah, apabila buku K-13 berkurang. Bisa dimanfaatkan, dana BOS untuk membeli kembali buku K-13,’’ terangnya. (tri)