f.sandi
Harga jual cabai merah di Karimun tembus Rp90 ribu per kilogram.

PRO KARIMUN – Harga cabai merah di pasar-pasar tradisional Tanjungbalai, masih tinggi. Bumbu masak yang dipasok dari Pulau Jawa ini, dijual sekitar Rp90 ribu per kilogram.

Pun begitu dengan harga jual bawang merah asal Pulau Jawa. Harganya sudah mencapai Rp40 ribu per kilogram. Tinggi harga jual komoditi dapur ini, dikeluhkan sejumlah ibu rumah tangga.

“Kan Puasa dan Lebaran sudah lewat. Tapi mengapa harga bawang, dan cabai masih tetap tinggi,” keluh Risna, seorang ibu rumah tangga yang ditemui di Pasar Puan Maimun, Kamis (4/7/2019).

Marina, seorang Pedagang menyebutkan masih tingginya harga jual bawang, dan cabai merah karena didatangkan dari Pulau Jawa. Selain itu, sudah beberapa pekan pasokan cabai merah terputus.

Memang dirinya sempat berencana membeli cabai merah dari Medan, Sumatera Utara (Sumut). Namun, kondisinya sama. Artinya, harga jual cabai merah juga tinggi.

“Per kilo mencapai Rp60 ribu. Kalau dibawa ke Karimun, tentu harganya ikut naik karena biaya pengiriman,” sebutnya.

Terpisah Kepala Bagian Perkonomian Kantor Bupati Karimun, Dedi Sahori tidak menapikan jika kenaikan harga jual cabai merah, dan bawang tinggi dikarenakan dipasok dari luar daerah.

“Karena biaya angkutan menggunakan pesawat menyebabkan harga cabai merah tinggi,” jelasnya. (san)