Direktur PDAM Tirta-Karimun Indra Santo ketika melakukan pengecekan SPAM di waduk Sei Bati. (tri)

PRO KARIMUN – Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR membatu pengelolaan manajemen PDAM Tirta Karimun. Karimun termasuk diantara 300 PDAM seluruh Indonesia yang mendapat bantuan tersebut.

Sudah dua bulan tim konsultan dari Badan Pendukung Pengembangan System Penyedia Air Minum (BPP SPAM) dari Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR bekerja. Merema melakukan analisis maupun mencari solusi terbaik mulai dari manajemen keuangan hingga teknik pelayanan publik.

“Tapi, apa yang sudah dilakukan tim elum dapat dipublikasikan karena masih berproses,” kata Direktur PDAM Tirta Karimun Indra Santo, Kamis (27/6/2019).

Apabila sudah selesai, segera dilaporkan kepada Bupati Karimun.

“Artinya, apa saja yang perlu kita benahi. Sehingga, hasil dari tim konsultan tersebut bisa meningkatkan pelayanan publik mulai dari pengelolaan manajemen, perencanaan bisnis plan, peningkatan pendapatan dan hingga wacana sistem pembayaran secara online,” sebutnya.

Sementara Lidya Anggraini sebagai Asisten Tenaga Ahli Teknik menyebutkan, time bekerja, membantu dalam pengumpulan dan analisis data bagian operasional dan teknis. Kemudian, akan memberikan solusi langkah-langkah apa aja yang harus dilakukan pembenahan oleh pihak PDAM Tirta Karimun.

Dikataknnya, ada empat indikator utama untuk meningkatkan kinerja PDAM Tirta Karimun. Yaitu pelayanan, Sumber Daya Manusia (SDM), keuangan dan operasional yang harus dipenuhi oleh pihak PDAM Tirta Karimun.”Kita fokus empat indikator dalam pengumpulan data. Agar, bisa dicarikan solusi yang terbaik dalam rangkat meningkatkan pelayanan publik oleh PDAM Tirta Karimun,” terangnya. (tri)