ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja dan Perindutrian (Disnakerin) Kabupaten Karimun mengirim 20 orang calon tenaga kerja ke Balai Besar Latihan Kerja (BBLK) Semarang, Rabu (19/6). Pengiriman puluhan orang tersebut untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan kerja.

”Sebanyak 20 orang yang dikirim ke BBLK Semarang nantinya akan dilatih berbagai jenis kemampuan dan keterampilan seperti mengikuti pelatihan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, menjahit dan juga memasak. Pelatihannya selama dua bulan,” ujar Kepala Disnakerin Karimun, Azmi Yuliansyah.

Pengiriman calon tenaga kerja ke BLK tersebut, lanjutnya, merupakan program nasional yang artinya peserta tak dipungut biaya. Semuanya ditanggung pemerintah pusat. Selain ke Semarang, masih ada lagi calon tenaga kerja yang akan dikirim ke BLK yang lain seperti ke Bandung dan Banten.

Selain mengirim calon tenaga kerja ke BLK, ada juga sembilan warga Karimun yang mendapatkan kontrak kerja di Malaysia. Khusus yang ke Malaysia, sebelum diberangkatkan juga mendapatkan pelatihan terlebih dahulu di Batam. Berdasarkan laporan yang didapat Disnakerin Karimun, mereka mendapat kontrak kerja selama dua tahun dan sebagian besar bekerja pada perusahaan konstruksi. (san)

Loading...