batampos.co.id – Harga beberapa kebutuhan pokok yang ada di pasaran, saat ini masih tergolong tinggi. Di antaranya yang mengalami lonjakan harga adalah telur ayam dan berbagai sayuran.

Harga telur ayam ras, saat ini dibanderol Rp 48 ribu per papannya dengan isi 30 butir. Sementara sebelum puasa hanya Rp 35 ribu per papan. Harga telur ayam kembali mengalami kenaikan di bulan Ramadhan menjadi Rp 43 ribu per papan.

Loading...

‘’Di sini kita jual telur Sawang, memang cukup mahal-lah. Telur dari luar daerah belum masuk, apa boleh buat tetap kita jual. Dan stoknya, cukuplah tidak terlalu berlimpah seperti sebelum puasa,’’ ucap Uni, salah seorang pedagang di Pasar Puan Maimun, Jumat (14/6).

Selain itu berbagai jenis sayuran juga ikut mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Naiknya harga sayuran terjadi lantaran faktor hujan beberapa pekan ini. Seperti sawi yang mencapai Rp 35 ribu per kilogram (kg), yang biasanya hanya Rp 25 ribu per kg. Kemudian bayam yang dibanderol Rp18 ribu per kg dari sebelumnya hanya Rp 8 ribu per kg.

Sementara kentang tidak ada kenaikan, masih berkisar Rp12 ribu per kg. Untuk bawang putih mencapai Rp 36 ribu per kg naik dari sebelumnya hanya Rp 32 ribu. Bawang merah India dikenakan Rp16 ribu per kg, bawang merah Birma Rp18 ribu per kg, dan bawang merah Jawa mencapai Rp 25 ribu per kg mengalami penurunan dari sebelumnya.

Namun, untuk cabe merah masih cukup tinggi yaitu Rp 60 ribu per kgnya dari sebelumnya Rp 45 ribu per kg. Cabe rawit harganya mencapai Rp 55 ribu per kg dari sebelumnya Rp 45 ribu per kg.


Pedagang tengah menata barang dagangannya, Jumat (14/6) di Pasar Puan Maimun, Karimun. Harga sejumlah kebutuhan pokok seperti telur ayam dan sayuran melonjak naik.
Foto: batampos.co.id / Tri Haryono

‘’Cabe merah lumayan sudah turun, kemarin menjelang Lebaran bisa tembus Rp100 ribu per kilogram. Paling pekan depan sudah kembali normal, karena komoditi sembako sudah masuk dari luar daerah,’’ ungkapnya.

Sementara itu harga daging ayam potong tidak mengalami perubahan, yakni Rp 35 ribu per kg utuh, dan Rp40 ribu per kg bersih. Sedang harga ayam kampung mencapai Rp 80 ribu per kg. Kemudian harga daging sapi segar Rp160 ribu per kg dan daging sapi beku Rp 80 ribu per kg.

‘’Alhamdulillah, daging ayam potong tetap sampai sekarang harganya. Gimana mau dinaikan, stok cukup dan berlimpah kita jual aja sampai habis,’’ kata Uda salah seorang pedagang ayam potong.

Pantauan di lapangan, aktivitas Pasar Puan Maimun seperti biasa setelah libur selama sepekan lalu. (tri)

Loading...