Perekaman e_KTP terganggu karena persediaan blanko di Disduk Capil Karimun kosong.
foto.tri haryono

batampos.co.id – Pelayanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk) Kabupaten Karimun, Selasa (11/6) mengalami gangguan. Penyebabnya, server milik dinas tersebut mengalami kerusakan. Sehingga, semua bentuk pelayanan terhenti.

“Pada waktu pagi kita masih bisa memberikan pelayanan. Namun, pada siang hari, mengalami gangguan. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata server mengalami kerusakan. Akibatnya, semua bentuk pelayanan, seperti pembuatan akta lahir, surat keterangan dan juga e-KTP tidak bisa kita layani,’’ ujar Kepala Disduk Capil Kabupaten Karimun, M Tahar, kemarin.

Loading...

Untuk itu, dalam beberapa hari pihaknya tidak bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, peralatan inti rusak. Dan, untuk melakukan perbaikan, harus menunggu teknisi dari Batam.

Tahar mengatakan dirinya sudah memerintahkan staf Disduk berangkat Rabu (12/6) memperbaiki server yang mengalami kerusakan. Sehingga, perbaikannya bisa cepat selesai dan dalam pekan ini sudah bisa kembali melayani masyarakat.

“Selain server yang rusak, saat ini kondisi blangko e-KTP juga kosong. Sementara daftar tunggu untuk cetak e-KTP khusus yang belum punya e-KTP sudah mencapai tiga ribuan. Sementara permohonan ke pemerintah pusat untuk blangko hanya mendapatkan seribu lembar saja,” beber Tahar.

Ia juga menjelaskan pihaknya belum bisa mengambil jatah blangko yang ada lantaran mahalnya biaya transportasi. ke Jakarta. (san)

Loading...