batampos.co.id – Arus mudik di pelabuhan Sri Tanjung Gelam, Karimun lebih ramai hari biasanya. Kebanyakan yang datang adalah warga kundur yang bekerja di luar negeri. Meski demikian arus mudik tahun ini lebih sepi dibandingkan tahun lalu.

’’Sepi lah Bang dibandingkan H-2 tahun lalu. Sekarang masih lengang. Kapal selalu ada setiap saat untuk mengangkut penumpang,” ujar salah seorang petugas BUP Karimun.

Seorang warga Kundur, Udi, yang baru pulang dari Malaysia, mengaku pulang kampung karena ingin berlebaran bersama dengan keluarganya. Ia sudah beberapa bulan bekerja di Malaysia.

Situasi arus mudik di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam.

’’Biasa setiap tahun, kami pulang berlebaran bersama keluarga. Nanti abis lebaran baru masuk Malaysia lagi, bekerja seperti biasa,’’ kata Udi.

Fatimah, seorang ibu rumah tangga yang baru tiba pelabuhan juga datang ke Karimun untuk berlebaran. Usai lebaran akan langsung kembali ke Malaysia. Ia terlihat membawa beberapa kertas untuk hiasan di rumahnya. Sementara beberapa kotak lain adalah oleh-oleh yang akan dibagikan kepada sanak saudaranya.

’’Lumayanlah, buat keluarga. Hanya beberapa kotak saja. Isinya makanan ringan untuk anak dan saudara di kampung,’’ ungkapnya.

Selain warga Karimun yang pulang kampung, banyak juga warga Kundur ke Karimun untuk berbelanja kebutuhan dan Sembako. (tri)