batampos.co.id – Pemerintah kabupaten Karimun, menjamin ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium, solar, dan gas tiga kilogram (kg) mencukupi hingga usai Idul Fitri 1440 H mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindutrian, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun M Yosli, Jumat (31/5). Sehingga, bagi masyarakat supaya tidak panik dan jangan memborong BBM berlebihan.

’’Anda bisa lihat sendiri di dua SPBU maupun Agen Premium dan Minyak Solar (APMS) BBM masih tersedia. Selain itu SPBU mini masih banyak dijumpai dan mereka tetap berjualan seperti biasa,’’ ungkapnya.

Dari bulan Januari hingga bulan April lalu, BBM jenis premium yang sudah dipergunakan mencapai 6.402.582 liter atau kebutuhannya per bulannya mencapai 1600 kiloliter lebih. Kemudian, untuk BBM jenis solar 4.357.420 liter atau kebutuhan per bulannya mencapai 1.089 kiloliter lebih.

Artinya, untuk kebutuhan BBM di kabupaten Karimun tidak menjadi kendala saat ini. Apabila, stok sudah menipis langsung bisa dipesan jauh hari sesuai kebutuhan.

’’Kalau peningkatan sih tetap ada nanti. Para pengelola SPBU maupun APMS sudah paham mereka, takaran untuk menjelang Idul Fitri maupun setelah Idul Fitri nanti,’’ tegasnya.

Selain kebutuhan BBM dua jenis tersebut, untuk kerosin atau minyak tanah (mitan) yang bersubsidi tetap ada hanya terbatas. Dari awal tahun hingga bulan April lalu saja sudah dijual 2.863.800 liter atau per bulannya 715.950 liter dan pada bulan Juli nanti sudah ditarik mitan yang bersubsidi diganti dengan gas 3 kg.

’’Nah, kalau mitan ada, hanya saja terbatas. Mitan sudah dikonversi dengan gas 3 kg, saat ini stoknya masih banyak dan tetap datang terus dari pertamina,’’ ujarnya.

Dari pantauan di lapangan, dua SPBU yang ada di pulau Karimun seperti biasa tidak terjadi lonjakan yang cukup berarti. Seperti di SPBU jalan Poros yang sering terjadi antri yaitu kendaraan roda dua, sedangkan roda empat tetap normal. Begitu juga, BBM jenis pertamax kurang diminati masarakat. Sedangkan, SPBU mini yang berada di jalan raya maupun dipelosok daerah tetap buka dan melayani pengisin BBM untuk dua jenis premium dan pertamax. (tri)

Loading...