Puluhan mobil sudah antri untuk mudik menggunakan roro.
foto: batampos.co.id / Sandi Pramosinto

batampos.co.id – Arus mudik penumpang yang menggunakan kapal Roro dari Tanjungbalai Karimun ke Tanjungbuton, Pekanbaru mengalami peningkatan tahun ini. Hal ini diketahui untuk keberangkatan pada Selasa (28/5/2019) tiket sudah habis dan kapal sudah penuh.

“Memang, laporan yang kita terima dari ASDP, KMP Senangin saat ini sudah kembali beroperasi pascanaik dock. Dan, akan mulai berangkat dari Karimun ke Peknabaru pada Selasa (28/5). Dan, untuk keberangkatan pada hari itu, kondisi kapal sudah penuh. Baik untuk kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. Tapi, mayoritas kendaraan roda empat,’’ ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karimun, Fajar Horizon Abidin, Minggu (26/5).

Dikatakannya, laporan dari staf Dishub yang bertugas di Pelabuhan Roro Parit Rempak, Tanjungbalai Karimun saat ini lahan parkir yang ada di dalam pelabuhan sudah dipenuhi dengan mobil. Mobil-mobil tersebut merupakan titipan penumpang yang akan berangkat besok, (Selasa, red). Bahkan, ada juga mobil yang dititipkan utnuk keberangkatan hari selanjutnya.

“Puluhan mobil yang terparkir di dalam kawasan Pelabuhan Roro tidak hanya yang akan berangkat esok hari. Tapi, juga sudah diparkir untuk keberangkatan pada Sabtu (1/6),” bebernya.

Untung saja, lanjut Fajar, permintaan ke ASDP untuk KMP Senangin hanya akan melayani Karimun ke Tanjungbuton saja sudah disetujui.

“Artinya, tidak mengangkut penumpang daerah lain. Seperti dari Batam. Dan, jadwal untuk mudik khusus menggunakan KMP Senangin ini mulai Selasa (28/5) sampai dengan Senin (3/6),’’ tegasnya. (san)