Petugas rutan dan polisi melakukan pengawalan saat pemindahan narapidana menuju ke Batam.
Foto: batampos.co.id / Sandi Pramosinto

batampos.co.id – Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun Kamis (23/5/2019) kembali melakukan pemindahan sebanyak 16 orang narapidana ke berbagai lembaga pemasyarakat (Lapas) yang ada di Batam. Beberapa narapidana yang dipindahkan terdapat narapidana perempuan dan anak-anak.

Kepala Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun Eri Erwan mengatakan, keterbatasan tempat menjadi dasar utama dilakukannya pemindahan ini.

Loading...

’’Pemindahan yang kita lakukan tidak lain karena ke-terbatasan tempat,” terangnya.

”Selain itu, untuk lebih memberikan pembinaan kepada narapidana yang divonis dengan hukuman di atas lima tahun,” ujarnya.

Narapidana perempuan yang dipindahkan berjumlah satu orang. Narapidana perempuan ini terpaksa dipindahkan lantaran Karimun memang belum memiliki lapas khusus perempuan. Begitu juga dengan narapidana anak-anak yang jumlah-nya mencapai lima orang, dipindahkan ke Lapas Anak.

”Sehingga, penanganan terhadap narapidana anak-anak ini bisa lebih baik, karena ditempatkan memang pada tempat pembinaan yang semestinya. Sedangkan 10 orang lainnya narapidana biasa dengan hukuman tinggi,” kata Eri.

Di Karimun penanganan narapidana anak-anak dilakukan terpisah dengan narapidana dewasa. ”Kita memang menyiapkan satu kamar sel khusus untuk anak-anak. Tujuannya, agar anak-anak tidak bercampur dengan tahanan dan narapidana dewasa,” tuturnya. (san)

Loading...