Kepala SMPN 2 Tebing Binaan Karimun, Raja Hernayati, (jilbab kuning) bersama orangtua murid saat menyerahkan bingkisan Ramadan, Rabu (22/5). foto: batampos.co.id / tri haryono

batampos.co.id – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tebing Binaan membagikan bingkisan Ramadan 1440 H sebanyak 121 paket kepada keluarga yang kurang mampu, Rabu (22/5). Kegiatan ini adalah agenda tahunan yang dilaksanakan setiap bulan suci Ramadan.

“Bingkisan Ramadan tersebut dikerjakan oleh pelajar SMPN 2 Tebing Binaan. Melalui kegiatan inilah, kita berikan pendidikan karakter bagi pelajar sebagai generasi penerus,’’ ujar Kepala SMPN 2 Tebing Binaan Karimun, Raja Hernayati.

Hernayati mengatakan, pembagian bingkisan ini juga sekaligus pendidikan karakter bagi siswa. Paket bingkisan Ramadan ini, bersumber dari bantuan orangtua murid maupun keluarga yang dijadikan bingkisan Ramadan oleh para pelajar itu sendiri.

“Mulai sekaranglah kita berikan pendidikan karakter, mulai dari tatakrama, berempati kepada orang lain, tenggang rasa, kebersamaan dan sebagainya. Sebab, mereka semua yang membuat bingkisan Ramadan ini,’’ ujarnya.

Sebelumnya, SMP N 2 Tebing Binaan juga menyelenggarakan pesantren Ramadan selama empat hari dan dilanjutkan dengan proses pendidikan seperti biasa. Dan setelah Lebaran, para pelajar akan masuk kembali yang dilanjutkan dengan ujian semester genap nantinya.

“Nah, selama bulan suci Ramadan kita fokuskan pendidikan karakter dan agama. Sehingga, bisa menjadi bekal para pelajar kelak yang akan melanjutkan sekolahnya nanti,’’ ungkapnya.

Bingkisan Ramadan tersebut secara simbolis diserahkan kepada orang yang kurang mampu sebanyak 75 orang oleh perwakilan wali murid dan pihak sekolah.

“Saya sangat setuju program pihak sekolah. Biar anak-anak mengerti, di bulan yang baik ini harus perbanyak amal dan ibadah. Salah satunya, pemberian paket ramadan,’’ kata Ana, salah satu orangtua murid. (tri)