Pembangunan jalan Pelabuhan Malarko dalam tahap pengaspalan dengan pagu anggaran Rp 7,2 miliar, beberapa waktu lalu.
foto: batampos.co.id / tri haryono

batampos.co.id – Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BP) Karimun kembali mendapat kucuran sebesar Rp 97 miliar untuk pembangunan infrastruktur di kawasan Free Trade Zone (FTZ). Pembangunan infrastruktur tersebut untuk pelebaran jalan dan pengerasan jalan yang sekaligus dilakukan pengaspalan.

”Benar, tahun ini kita dapat kucuran dana lagi. Untuk pembangunan lanjutan jalan raya yang ada di pesisir utara dan selatan,’’ kata Wakil Ketua BP Karimun Muhammad Iqbal, Selasa (21/5).

2018 lalu, pihaknya juga mendapatkan dana yang sama untuk pembangunan infrastruktur di kawasan FTZ dengan nilai mencapai Rp153 miliar. Dan tahun ini melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan untuk pesisir utara sepanjang 6,5 kilometer (km).

Juga dilakukan pembangunan jalan baru Pesisir Selatan sepanjang 900 meter dan pelebaran Jalan Teluk Paku yang masuk menuju PT OT. Jalan ini menghubungkan jalan Pelabuhan Malarko atau Roro, Jalan PT Saipem Indonesia Karimun Branch (SIKB) hingga kawasan lainnya.

”Jadi, nanti kalau sudah selesai pembangunan infrastruktur jalan semua akan terkoneksi dari ujung selatan dan utara. Saat ini, sedang dalam proses pengerjaan, ada yang dalam proses pengaspalan dan sebagainya,’’ ujarnya.

Dengan akses jalan yang cukup lebar dan terkoneksi, berarti pendistribusian barang dari pelabuhan menuju kawasan industri tidak ada lagi hambatan. Dan bisa memangkas waktu dan biaya nantinya, sehingga bisa kebutuhan perusahaan terhadap barang mudah didapatkan dan tepat waktu.

’’Kalau dilihat pengerjaan proyeknya sesuai dengan progres. Kita tunggu saja, selesai pengerjaannya di akhir tahun ini. Dan yang sudah selesai pengerjaan jalan raya dari PT Sembawang hingga PT OT dengan dua arah yang cukup lebar,’’ ungkapnya.

Dari pantauan di lapangan, akses jalan raya maupun pelebaran sedang memasuki tahap pengerasan jalan. Begitu juga, pembangunan Jalan Pelabuhan Malarko tengah memasuki tahap pengaspalan dengan pagu anggaran sebesar Rp 7,2

”Baru lihat ini, bagus kawasan industri aksesnya jalan cukup besar. Kalau sudah jadi, bisa kita jalan-jalan ke sini melihat view sore hari yang cukup indah,’’ ungkap Yan, salah seorang warga Karimun. (tri)

Loading...