Warga mengantre untuk mendapatkan minyak tanah di kios pengecer BBM, Minggu (19/5/2019).
foto: batampos.co.id / imam sukarno

batampos.co.id – Setelah sempat menunggu beberapa pekan akhirnya minyak tanah tersedia di sejumlah kios pengecer, Minggu (19/5/2019) lalu. Masyarakat yang kesulitan mendapatkan minyak tanah dalam beberapa hari terakhir langsung mengantre ingin mendapatkannya.

Karena stoknya terbatas, setiap warga hanya bisa mendapatkan lima liter. Munah, 54, seorang ibu rumah tangga, mengaku sudah tiga pekan menunggu kedatangan minyak tanah di kios pengecer terdekat.

Selama tiga pekan ia mengantre dengan cara menitipkan jerigen ukuran lima liter ke pemilik kios. Ia sangat membutuhkan minyak tersebut untuk bahan bakar menjelang Idul Fitri.

“Bersyukur meskipun lama menunggu akhirnya mendapat minyak tanah walaupun hanya lima liter, mudah-mudahan cukup untuk merebus ketupat nantinya,” katanya.

Manager PT Kundur Mas Rupianto mengatakan, sampai hari ini pihaknya belum mendapat tambahan kuota minyak tanah selama Ramadan. Sehingga kuota minyak tanah untuk PT Kundur Mas masih sama sebanyak 162 kiloliter dari sebelumnya 325 kiloliter. Pemangkasan 50 persen (separuh) dari jatah sebelumnya karena sudah ada konvensi gas LPG ukuran 3 kilogram.

“Sampai hari ini belum ada pemberitahuan terkait adanya tambahan kuota minyak tanah selama Ramadan hingga lebaran. Yang pasti kuota PT Kundur Mas masih seperti biasa sebanyak 162 kiloliter,” tegas Rupianto. (ims)