ilustrasi

batampos.co.id – Wings Air yang tergabung dalam grup maskapai penerbangan Lion bakal melayani rute penerbangan Batam-Karimun.

Ujicoba penerbangan perdana pesawat berjenis ATR 72-500 dilaksanakan dari Batam menuju Karimun, Kamis (23/5/2019) lusa.

Loading...

Dijadwalkan, pesawat Wings Air berangkat dari Bandara Hang Nadim sekitar pukul 13.00 WIB, dan tiba di Bandara Raja Haji Abdullah Seibati sekitar pukul 13.35 WIB.

“Kami sudah ketemu direksi Lion Group, Kamis lalu. Setelah melalui pengajuan proposal tiga kali, akhirnya diputuskan ujicoba dari Batam ke Karimun, Kamis (23/5),” ungkap Kepala Bandara Raja Haji Abdullah, Fanani Zuhri, Senin (20/5/2019).

Masuknya Wings Air dinilai menjadi alternatif bagi masyarakat Karimun yang ingin bepergian ke Batam melalui transportasi udara. Sebelumnya telah ada maskapai Susi Air yang melayani rute Karimun-Pekanbaru, dan Karimun-Dabo Singkep.

Sebenarnya, kata Fanani Zuhri, pihaknya sudah menawarkan permohonan agar penyedia jasa tranportasi mau membuka rute Karimun. Di antaranya, Wings, NAM, dan Citilink.

”Alhamdulillah, akhirnya Wings bersedia melakukan uji coba,” paparnya seraya menyebutkan penerbangan ujicoba turut membawa kru, tim operasional, dan marketing Lion Group.

Penerbangan perdana Wings Air sekaligus ujicoba kelayakan Bandara RHA Seibati juga menentukan prosedur tetap (protap) untuk pendaratan maupun lepas landas, serta kesiapan lainnya.

“Yang pasti, landasan pacu Bandara RHA Seibati sudah mencapai 1.400 meter. Dan dinilai laik untuk pendaratan pesawat jenis ATR. Ke depan, bakal diperpanjang lagi agar pesawat jenis Boeing bisa masuk,” paparnya.

Kepala Dinas Perhubungan Karimun, Fajar Horison, membenarkan pesawat Wings Air akan melakukan ujicoba penerbangan dari Batam ke Karimun.

“Direncanakan take off dari Bandara Hang Nadim Batam pukul 13.00 WIB, dan tiba di Bandara RHA Seibati pukul 13.35 WIB,” ucap Fajar Horison.

Dalam ujicoba penerbangan itu, kata Fajar, juga akan dilakukan pemaparan sekaligus dialog kru, tim operasional, dan marketing Lion Group bersama Bupati Karimun.

”Apabila memungkinkan, penerbangan komersil perdana Wings Air dari Karimun ke Batam akan dimulai pada 30 Mei mendatang,” sebutnya. (enl)

Loading...