Ketua Baznas Karimun Nasrial ketika membagikan dana umat beberapa waktu lalu.F. Tri Haryono/Batam Pos

batampos.co.id – Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Karimun telah mengeluarkan surat kesepakatan bersama antara Baznas Karimun dan pengurus MUI untuk menentukan zakat fitrah, zakat mal, qadha, fidyah, dan kafarat puasa pada 1440 H/2019 M.

Dalam kesepatan tersebut, untuk zakat fitrah yang harus dibayar oleh umat Islam hingga sebelum khatib selesai membaca khutbah pada salat Idul Fitri. Jumlahya 2,5 kilogram (kg) beras yang dimakan sehari-hari bisa diganti dalam bentuk uang (qimah). Mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 40 ribu.

Loading...

”Jadi, bagi umat Islam silakan untuk membayar zakat fitrah-nya sekarang, sesuai harga beras yang dimakan sehari-hari. Kita sudah menetapkan harga 2,5 kg beras mulai dari Rp 25 ribu,’’ jelas Kasi Penyelenggara Syariah Kamenag Karimun Samsudin, Selasa (14/5).

Selain itu, zakat harta juga wajib untuk dikeluarkan, seperti pedagang, pemilik rumah sewa, uang deposito, emas, perak yang telah cukup nisab-nya setara atau minimal 85 gram emas dan haulnya telah mencapai satu tahun.

Maka kadar zakatnya 2,5 persen dari harta kekayaannya. Dengan satu gram emas saat ini mencapai Rp 600 ribu. Dan seterusnya, sehingga bagi umat muslim bisa memanfaatkan momentum di bulan Ramadan untuk membayar zakat.

”Untuk tempat penyerahan zakat, bisa di Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dimasjid, surau, mushola maupun UPZ OPD. Termasuk di Kantor Baznas Karimun Jalan Poros,’’ sebutnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Karimun Nasrial mengatakan, pendistribusian zakat mal periode pertama tahun ini mencapai Rp 521,7 juta yang disa-lurkan pada empat kecamatan yang ada di Pulau Karimun Besar. Meliputi bantuan pendidikan, pengobatan, sosial, kemanusiaan, dan bantuan bedah rumah yang jumlahnya mencapai Rp 202,5 juta.

Sedangkan, untuk fakir miskin ada 881 orang, fisabilillah 183 orang dengan dana umat yang sudah tersalurkan mencapai Rp 319,2 juta.

”Alhamdulillah, pendistribusian dana umat sudah kita berikan kepada yang berhak. Saya mengajak kepada masyarakat, silakan menyalurkan zakatnya baik itu zakat harta, zakat profesi, maupun zakat fitrah, serta infak dan sadaqah ke Baznas Karimun,’’ ujarnya. (tri)

Loading...