KMP Lome

batampos.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karimun meminta Angkutan Sungai Darat dan Pelabuhan (ASDP) selaku pengelola kapal Roll on Roll off (RoRo) untuk menempatkan satu unit kapal RoRo di Karimun jelang Hari Raya Idulfitri. Hal tersebut sebagai bentuk antisipasi lonjakan penumpang yang akan mudik.

”Rencana kami meminta ASDP agar menempatkan satu kapal RoRo, khususnya tujuan Karimun ke Tanjungbuton Pekanbaru. Karena tak menutup kemungkinan jumlah penumpang kapal RoRo meningkat Lebaran Idulfitri tahun ini. Kami minta Minggu (26/5) nanti kapalnya sudah ada di tempat,” ujar Kadishub Karimun, Fajar Horison Abidin, Senin (13/5).

Kebijakan yang akan diambil, lanjutnya, karerna pada tahun-tahun sebelumnya, pemudik yang menggunakan angkutan RoRo sangat banyak. Apalagi mengingat harga tiket pesawat saat ini lagi mahal-mahalnya. Sehingga angkutan laut menjadi pilihan utama yang murah meriah.

”Mudik dan arus balik tahun lalu, Kapal RoRo jadi pilihan utama masyarakat Karimun untuk ke Riau daratan. Karena dari Riau, masyarakat pemudik bisa melanjutkan langsung ke berbagai daerah,” terangnya.

Disinggung tentang pelayanan Kapal RoRo KMP Senangin yang saat ini tak beroperasi, Fajar menegaskan sejak dua pekan lalu, KMP Senangin sedang dalam perbaikan rutin.

”Jadwalnya sudah dok, maka pelayaran dari Karimun ke Tanjungbuton dua kali seminggu jadi terganggu. Tapi sejak Minggu (12/5) kemarin, sudah ada KMP Lome yang menggantikan sementara. Hanya saja jadwalnya hanya sekali dalam sepekan,” katanya. (san)