ilustrasi

batampos.co.id – Bupati Karimun, Aunur Rafiq menjamin ketersediaan sembako untuk di Karimun maupun Kundur, aman hingga Lebaran nanti. Khususnya beras premium.

“Selama Ramadan ini saya perintahkan OPD terkait melakukan monitoring setiap harinya. Sehingga jika ada kekurangan stok sembako, bisa langsung diatasi. Tapi sampai saat ini selain harga yang masih stabil, stok juga masih banyak,” ujar Rafiq, Senin (13/5).

Untuk beras premium yang ada di Karimun dan Kundur, lanjutnya, masih tersedia sebanyak 1.306 ton . Rinciannya sebanyak 931 ton untuk Karimun, dan 375 ton untuk Kundur. Tak menutup kemungkinan, jumlah tersebut akan bertambah mengingat kapal kargo dari Pulau Jawa ke Karimun sampai saat ini masih berlayar.

“Untuk harga beras premium di pasaran juga masih stabil. Untuk merek Nenas dijual dengan harga Rp 13 ribu hingga Rp 14 ribu perkilogramnya,” ujarnya.

Kemudian, salah satu kebutuhan yang juga banyak diburu selama Ramadan adalah gula. Stok gula juga masih mencukupi hingga Idulfitri dengan stok sebanyak 139,5 ton. Itu sudah termasuk kebutuhan untuk Kundur,” ungkapnya.

Kepada para pedagang sembako, Rafiq berharap agar mereka tak mengambil untung terlalu banyak. Artinya jangan karena saat ini masyarakat membutuhkan sembako dalam jumlah banyak lantas harganya dinaikkan tinggi.

“Ramadan kesempatan beramal, jadi jangan terlalu banyak ambil untung,” ujarnya. (san)