PPK Karimun saat melakukan rekapitulasi surat suara, KPU Karimun menunda PSU Rabu, menjadi Sabtu mendatang. F. Tri Haryono / BatamPos

batampos.co.id – Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk 6 TPS di Kecamatan Karimun, dan Moro, ditunda. Logistik atau surat suara yang kurang menjadi alasan penundaan PSU yang semula dijadwalkan berlangsung, Rabu (24/4/2019).

“Besok (Rabu, red), PSU tidak bisa dilaksanakan. Karena, surat suara belum mencukupi. Yang ada di Karimun hanya surat suara untuk DPRD Kabupaten Karimun. Sedangkan untuk jenis surat suara lainnya berada di luar daerah,” ujar Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko, Senin (22/4/2019).

Kekurangan logistik tersebut sudah dilaporkan ke KPU Pusat. Meski demikian, KPU Karimun sudah menetapkan jadwal baru untuk PSU. Artinya pencoblosan ulang dilaksanakan Sabtu (27/4/2019).

“Karena dilakukan PSU, maka tetap disebarkan atau dibuatkan undangan untuk pemilih. Tapi saat ini kita fokus mengurus surat suara,” bebernya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat secara terpisah membenarkan bahwa KPU sudah menyatakan tidak bisa melaksanakan PSU sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Kita sudah menyurati KPU agar jemput bola. Artinya, kita menyarankan agar ke KPU Pusat untuk mengambil surat suara,” ungkap Nurhidayat.

Sesuai ketentuan, batas waktu PSU adalah 10 hari. Jika dihitung setelah hari H atau waktu pencoblosan, Sabtu (27/4/2019), dinilai merupakan hari terakhir untuk dilaksanakannya PSU.

“Kita berharap, pelaksanaan PSU nanti bisa berjalan lancar sesuai harapan bersama,” imbuh Nurhidayat. (san)