foto.Imam
Seorang penunjung Pantai Sawang duduk dikelilingi limbah serabut kelapa.

batampos.co.id – Panorama Pantai Sawang, Kecamatan Kundur Barat, terusik. Serabutan kelapa, dan bongkahan ranting kayu yang memenuhi sepanjang bibir pantai, sangat mengganggu kenyamanan pengunjung untuk menikmati keindahan pantai berpasir putih tersebut.

“Sebenarnya pemandangan pantainya bagus. Pasir putih yang terhampar cukup panjang. Tapi sayangnya terganggu dengan banyak serabut kelapa, dan bongkahan ranting kayu,” ungkap salah seorang pengunjung, Marni, Kamis (18/4/2019).

Wanita berusia 21 tahun ini, mengaku sering mendatangi Pantai Sawang untuk rekreasi bersama teman-temannya. Pasir putih, dan panorama yang indah, membuat Pantai Sawang tidak kalah menariknya dari pantai lainnya.

“Kita sangat sayangkan, pantai seindah ini tidak dikelola dengan baik. Lihatlah, serabutan kelapa, dan ranting memenuhi sepanjang pantai,” ungkap Marni seraya menunjukkan bongkahan serabut kelapa.

Sementara Amri, warga tempatan mengaku jika limbah serabut kelapa merupakan limbah kiriman. Menurutnya limbah serabut kelapa dan bongkahan kayu terbawa ketika air laut pasang, setelah surut serabut kelapa tertinggal di bibir pantai. ‘

Memang, banyaknya bongkahan serabut kelapa sering dikeluhkan pengunjung sekaligus mengurangi keindahan Pantai Sawang.

“Warga bersama pemuda sudah sering memembersihkan limbah serabut kelapa ini. Tapi kembali menumpuk begitu air laut surut,” bebernya. (ims)

Loading...