f.tri haryono
Ketua Kwarran Pramuka Kecamatan Karimun Yusriana Susanti bersama peserta Karimun Spirit Competition.

batampos.co.id – Sebanyak 100 putra putri pramuka siaga, dan penggalang se Kawaran Ranting Kecamatan Karimun, mengikuti Karimun Spirit Competition, Minggu (14/4/2019).

Ketua Kwarran Pramuka Kecamatan Karimun Yusriana Susanti SAg mengatakan, tujuan kegiatan untuk memberikan pembinaan kepada adik-adik pramuka tingkat siaga maupun penggalang. Sehingga mereka bisa meningkatkan dan menumbuhkembangkan sifat kejujuran, mandiri, disiplin serta bertanggungjawab.

“Di sini paling penting kita memberikan tanggungjawab untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas yang diberikan oleh kakak pembina. Bagaimana mereka menjaga kekompakan dan kebersamaan sesama tim,” ungkap Yusriana Susanti di Coastal Area Tanjungbalai Karimun.

Wanita berjilbab ini menyebutkan, berbagai lomba dihelat dalam Karimun Spirit Competition. Di antaranya lomba yel-yel untuk Pramuka Penggalang SD dan SMP. Kemudian lomba menggambar, dan mewarnai untuk Pramuka Siaga.

“Anda bisa lihat sendiri, zaman sudah berubah informasi tanpa batas. Apabila generasi muda tidak kita bimbing dari sekarang, entah apa jadinya negeri kita ini. Nah, salah satu antisipasinya melalui kegiatan pramuka di Kwarran Kecamatan Karimun,” ungkapnya.

Karimun Spirit Competition disejalankan dengan peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia atau disebut Hari Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Ini untuk memberikan apresiasi atas jasa-jasa almarhum yang sangat besar bagi pendidikan kepanduan di Indonesia. Sehingga, dapat dilanjutkan oleh generasi penerus yang akan datang.

“Organisasi Pramuka salah satu benteng buat generasi muda untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan ke depan. Dengan mempunyai dasar keimaman yang kokoh, serta jiwa kepramukaan harus tetap ditanamkan dalam jati dirinya sebagai pengganti kita untuk menjadi pemimpin nantinya,” kata Yusriana Susanti. (tri)