foto.TRI
Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko memperlihatkan alat bantu bagi pemilih tunanetra.

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun telah menerima logistik sebanyak 780 template alat bantu coblos untuk pemilih tunanetra, Rabu (10/4/2019). Logistik yang diterima berupa surat suara untuk presiden dan wakil presiden, serta Dewan Pemilihan Daerah (DPD).

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko mengatakan, untuk pemilih tunanetra akan dibantu dengan alat bantu coblos yang diisi dengan surat suara. Sehingga, dapat mempermudah bagi pemilih untuk melakukan pencoblosan nantinya.

“Benar, kita sudah menerima alat bantu coblos untuk Pilpres dan DPD. Sedangkan untuk DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota tidak ada,” jelas Eko saat ditemui di gudang logistik.

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS), ikut membantu pemilih tunanetra menggunakan template huruf braille. Artinya, KPPS mendampingi pemilih tunanetra menuju bilik suara. Setelah itu, KPPS menyerahkan template yang sudah diisi dengan surat suara.

“Kalau prosesnya sama seperti pemilih yang lain. Cuma kita menyediakan alat bantu saja, serta bagi pendamping nanti ada surat pernyataan dan formulir C3 untuk menjaga kerahasiaan si pemilih tunanetra yang menggunakan hak pilihnya,” ungkapnya.

Sedangkan untuk logistik secara umum semuanya sudah siap. Tinggal proses pengiriman yang direncanakan dalam waktu dekat akan dikirim ke berbagai pulau menggunakan transportasi laut. Sedangkan di Pulau Karimun menggunakan mobil truk secara estapet.

“Alhamdulillah, logistik semuanya sudah siap. Untuk satu TPS ada lima kotak, lengkap dengan logistik surat suara dan lain-lainnya,” ucapnya. (tri)