Salah satu jembatan yang dibangun melalui program PISEW tahun 2018.

batampos.co.id – Kabupaten Karimun kembali mendapatkan bantuan Pemerintah Pusat sebesar Rp1,8 miliar untuk program Pengembangan Infrasturktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun 2019.

Bantuan melalui Balai Prasarana Permikiman Wilayah Provinsi Kepri ini diperuntukan Kecamatan Meral Barat, Kundur Utara, dan Moro.

Dibandingkan tahun 2018, bantuan PISEW untuk Kabupaten Karimun mencapai Rp3 miliar untuk lima kecamatan. Artinya terjadi penurunan dikarenakan pemerataan program PISEW.

“Tak masalah terjadi penurunan. Paling penting program PISEW bisa bermanfaat bagi masyarakat. Dengan Rp1,8 miliar, berarti masing-masing kecamatan mendapatkan Rp600 juta,” beber kata Kepala Dinas Perumahan, Kawasan, Permukiman dan Kebersihan (DPKPK) Hj Rosmawati, Senin (8/4/2019).

Melalui program PISEW dipastikan dapat meningkatkan pengembangan sosial ekonomi wilayah berbasis potensi sumberdaya lokal. Sehingga, dapat mengurangi kesenjangan antar wilayah, dan bisa meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

Untuk Kecamatan Meral Barat, yang mendapatkan program PISEW yaitu Desa Pangke, dan Desa Pangke Barat. Untuk Kecamatan Kundur Utara yakni Desa Teluk Radang, dan Desa Prayun. Sedangkan Kecamatan Moro yakni Desa Pulau Moro, dan Desa Pauh.

“Untuk pembangunan infrastruktur kita serahkan kepada warga setempat. Tentunya harus melalui pertemuan kecamatan yang dimulai pekan depan,” tutur Rosmawati.

Sementara program PISEW tahun 2018, sudah dapat dinikmati masyarakat mulai dari pembangunan drainase untuk petani, pembangunan air bersih, peningkatkan ekonomi kerakyatan, dan sebagainya. (tri)