foto SANDI
Empat tekong TKI ilegal yang berhasil diamankan Tim F1QR Lanal Tanjungbalai Karimun..

batampos.co.id – Tim F1QR Lanal Tanjungbalai Karimun berhasil menangkap empat orang tekong TKI ilegal berinisial Hl, Si, Am dan Kd di perairan Pulau Materas, Kamis (4/4/2019) pukul 23.45 WIB. Petugas juga mengamankan barang bukti empat unit speedboat yang membawa 14 TKI dari Malaysia tujuan ke Judah, Batam.

Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Catur mengatakan, pengungkapan kasus TKI ilegal berawal dari laporan masyarakat. Disebutkan, ada TKI datang Malaysia melalui jalur ilegal karena tidak memiliki dokumen paspor.

“Berdasarkan informasi tadi, kita menurunkan kapal patroli Patkamla V-8 dan combat boat,” ujar Catur.

Saat patroli di sekitar perairan Pulau Manteras, anggota F1QR mendengar suara speedboat tanpa menggunakan penerangan. Saat dilakukan pengejaran, diketahui ada tujuh unit speedboat kecil berkekuatan mesin 15 PK.

“Akhirnya dari tujuh unit speedboat, hanya empat unit yang berhasil ditangkap bersama tekong. Setelah dilakukan pemeriksaan, tekong tidak dapat menunjukkan surat-surat khususnya izin berlayar. Selanjutnya, empat orang tekong diamankan ke Mako Lanal Tanjungbalai Karimun,” paparnya.

Jumlah TKI ilegal yang diselamatkan ada 14 orang. Terdiri dari 12 orang laki-laki, dan dua orang perempuan dengan tujuan pulang ke berbagai daerah di Indonesia.

Untuk tiga unit speedboat yang berhasil melarikan diri, pihaknya masih melakukan penyelidikan. Termasuk siapa yang terlibat mengkoordinir kegiatan ilegal tersebut. (san)