f.ichwanul.
Bupati Aunur Rafiq didampingi Kepala BPTD Wil. IV Riau Kepri Syahfudin Ajie saat tiba di pelabuhan roro Selatbeliah.

batampos.co.id – Bupati Karimun, Aunur Rafiq melepas keberangkatan kapal penyeberangan roll on roll off (Roro) KMP Kakap tujuan Selatbeliah, Kundur, Jumat (5/4) kemarin. Pelayaran perdana berjalan lancar, dengan KMP Kakap mengangkut 12 kendaraan bermotor, dan dua unit mobil.

Pelayaran perdana KMP Kakap turut disaksikan GM Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Fery, Batam, Media Syahrianto, dan Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah IV Riau-Kepri, Syaifuddin Ajie. KMP Kakap dijadwalkan melayani rute Parit Rempak, Meral, Selatbeliah, Kundur, setiap hari.

“Karena bertepatan hari Jumat, semoga pelayaran perdana ini menjadi berkah,” ungkap Bupati Aunur Rafiq.

Jarak tempuh Parit Rempak-Selatbeliah yang hanya sekitar satu jam perjalanan itu, diharapkan mampu meningkatkan pergerakan orang, dan barang dari Karimun ke Kundur atau sebaliknya. Sehingga roda ekonomi masyarakat daapt tumbuh pesat.

“Melalui kapal penyeberangan roro ini, saya yakin mampu lebih meningkatkan aktivitas pengiriman barang, dan orang yang selama ini didominasi speed maupun kapal barang. Jika memang terbukti lancar, saya berharap ASDP dapat menambah armada sehingga bisa melayani rute Karimun- Selatbeliah dua kali sehari,” papar Rafiq disambut aplus Media Syahrianto, dan undangan.

Di sisi lain, Bupati mengingatkan kepada Dinas Perhubungan maupun Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun jangan sampai pelayaran perdana terhenti dengan berbagai alasan. Kalau itu terjadi, tidak perlu dilakukan acara seremonial.

“Jangan sampailah pelayaran perdana ini sekaligus menjadi yang terakhir. Untuk itu, saya ingatkan kepada Kepala BUP maupun Kepala Dinas Perhubungan untuk terus berkoordinasi sehingga pelayaran roro rute Parit Rampak-Selatbeliah berlangsung kontinyu,” imbuh Bupati.

Terealisasinya pelayaran roro Parit Rampak-Selatbeliah setiap hari, merupakan perwujudan dari program nasional Tol Laut. Selain itu, melanjutkan mimpi mantan Bupati Karimun Nurdin Basirun konektivitas jalur laut antara Karimun-Johor-Riau (Kajori).

“Nah, hadirnya roro Parit Rampak-Selatbeliah setiap hari, paling tidak menghidupkan kembali wacana tersebut. Semoga Tol Laut yang kita impikan bisa terwujud,” harap Rafiq.

Sementara GM ASDP Indonesia Fery, Batam, Media Syahrianto mengaku potensi pertanian, dan pusat perekonomian menjadi alasan ASDP memprioritaskan Karimun untuk mendapatkan tambahan kapal roro KMP Kakap.

“ASDP dan Karimun sudah seperti famili. Adanya tambahan satu lagi kapal roro KMP Kakap ini, kita harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Karimun, dan Kundur,” papar Media Syahrianto.

Pelayaran perdana KMP Kakap dari Parit Rampak sekitar pukul 08.10 menit. Membawa 18 kru, dan rombongan, KMP Kakap tiba di pelabuhan Selatbeliah, Kundur sekitar pukul 09.10.

Setiba di pelabuhan, Kepala BPTD Wilayah IV Riau-Kepri, Syaifudi Ajie mendapat sambutan dengan pengalungan bunga. Selanjutnya rombongan diarak iring-iringan kompang menuju ruang pertemuan pelabuhan. (enl)

Loading...