Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan piala bergilir MTQ kepada Camat Moro Ratna sebagai juara umum MTQ ke XI.

batampos.co.id – Kecamatan Moro berhasil meraih juara umum pada perhelatan MTQ XI Kabupaten Karimun yang resmi ditutup, Sabtu (30/3/2019) malam lalu. Penyerahan piala sekaligus penutupan dilakukan oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq didampingi Wakil Bupati Anwar Hasyim.

Keberhasilan Kecamatan Moro setelah meraih 62 poin, dan unggul atas 11 kecamatan lainnya. Termasuk, Kecamatan Meral Barat yang meraih juara umum pada MTQ edisi X.

“Selama kepada Kecamatan Moro yang berhasil meraih juara umum MTQ kali ini. Bagi kecamatan lain, semoga hasil ini menjadi motivasi untuk lebih baik di tahun-tahun hadapan,” kata Bupati dalam sambutannya.

Setelah perhelatan MTQ, bagi qori dan qoriah terbaik akan menjalani traning center (TC). Mereka dipersiapkan untuk mengikuti pelaksanakan STQ tingkat Provinsi Kepri di Kabupaten Bintan.

“Dengan berakhirnya pelaksanaan MTQ ini, mari kita tetap terus mensyiarkan nilai-nilai ajaran Islam di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, pelaksanaan MTQ bukan sekadar seremonial, tapi harus ada maknanya bagi masyarakat,” jelasnya.

Sebelum penutupan, turut dibacakan tuan rumah untuk pelaksanaan MTQ XII tahun 2020. Adalah Kecamatan Meral yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Sementara untuk juara umum II MTQ XI diduduki Kecamatan Meral, dan diposisi ke ketiga Kecamatan Meral Barat.

Sedangkan tuan rumah Kecamatan Karimun menempati peringkat ke keempat. Diikuti Kecamatan Kundur di posisi kelima.

Peringkat keenam ditempati Kecamatan Kundur Barat, peringkat tujuh Kecamatan Belat. Dan selanjutnya Tebing, Kecamatan Kundur Utara, Ungar, Durai, dan Kecamatan Buru.

Untuk lomba Pawai Takaruf, Kecamatan Meral meraih juara pertama, disusul Kecamatan Karimun, dan Kecamatan Durai. serta Kecamatan Tebing di tempat keempat. Tuan rumah Kecamatan Karimun bisa berbangga dengan pencapaian stan bazar, dan pameran yang mendapat penilaian terbaik.

“Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar mulai dari pembukaan hingga penutupan MTQ. Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terlaksananya MTQ di Kecamatan Karimun sebagai tuan rumah,” kata Ketua Pelaksana MTQ yang juga Camat Karimun, Arpan. (tri)