Pelabuhan Roro Parit Rampak, Kecamatan Meral.
foto triharyono

batampos.co.id – Bupati Karimun, Aunur Rafiq akhirnya meneken penetapan tarif baru untuk kapal penyeberangan roll on roll off (roro) dari pelabuhan Parit Rempak, Karimun tujuan Selat Beliah, Kundur. Penetapan tarif baru untuk penumpang maupun kendaraan bermotor berlaku seiring disetujui operasional kapal roro setiap hari.

“Untuk trayek antar pulau dalam satu kabupaten, penetapan tarif cukup dari kita saja. Izin trayek termasuk tarif sudah selesai dibahas dengan Surat Keputusan Bupati Karimun Nomor 306 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutran Penyeberangan Lintas Parit Rempak, Kariumun-Selat Beliah, Kundur Barat,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Fajar Horison Abidin, Jumat (29/3/2019).

Untuk tarif baru, ada kenaikan sedikit. Rata-rata kenaikan berkisar pada angka 6 persen. Kenaikan tarif telah dilakukan perhitungan matang.

“Misal, sebelumnya sepeda motor dikenakan sekitar Rp16 ribu lebih. Tarif baru dikenakan Rp18 ribu,” beber Fajar.

Tentang rencana keberangkatan kapal Roro Parit Rempak tujuan ke Selat Beliah, Fajar menyebutkan, dijadwalkan Jumat (5/4/2019) pekan depan.

“Jika tidak ada perubahan, mulai pekan depan keberangkatan roro setiap hari diresmikan oleh Bupati Karimun bersama pihak ASDP,” paparnya.

Dngan beroperasinya kapal Roro setiap hari, akan lebih memberikan kemudahan bagi masyarakat Karimun dan Kundur. Selain itu, diharapkan juga akan meningkatkan pertumuhan ekonomi di Kundur. (san)